Harga Cabai Dan Bawang Merah Terus Naik

Disebabkan Stok Yang Semakin Menipis

Di pasar bawang dan lombok Sengon kecamatan Tanjung kabupaten brebes ini misalnya, harga cabai mulai merangkak naik 30 ribu hingga 35 ribu perkilogram, padahal sebelumnya di bawah 20 perkilogram.

Harga cabai merah yang naik hingga 35 ribu perkilogram ini merupakan harga grosir atau partai besar, sedangkan kalau di pasar-pasar tradisional harganya mencapai 40 hingga 50 ribu perkilogram.

Menurut pedagang cabai di pasar Sengon Tanjung Nurmadi, menyebut naiknya harga cabai karena stok di petani saat ini sangat yang sedikit dan pasokan bawang merah yang selama mendatangkan dari daerah Jawa Timur juga berkurang.

Tidak hanya harga cabai yang naik, harga bawang merah juga naik, saat ini harga bawang merah 16 ribu hingga 17 ribu perkilogram dari sebelumnya yang di bawah 10 ribu perkilogram, bahkan sempat di bawah 5 ribu perkilogram. Naiknya harga bawang merah ini juga lantaran stok di petani berkurang seperti halnya cabai merah.

Khoriah salah seorang pedagang yang juga mengaku sebagai petani bawang merah harga bawang merah yang mencapai 16 hingga 17 ribu perkilogram masih tergolong murah, seharusya harga bawang merah di tingkat petani 20 perkilogram karena harga pupuk dan obat-obatan serta tenaga kerja yang mahal, sedangkan kalau di pasar-pasar tradisional atau yang dijual eceran harganya mencapai 22 ribu perkilogram.

Baik cabai merah maupun bawang merah dari pasar Sengon kecamatan Tanjung yang merupakan pasar grosir terbesar di wilayah Pantura Brebes ini dipasok ke Jakarta dan Bandung atau kota besar di Jawa Barat. (Tri)

Anda mungkin juga berminat