Upaya Lestarikan Seni Tari Sanggarseni Kencana Ungu Rutin Melatih Anak-Anak Untuk Menari

Sanggar seni kencana ungu salah satu sanggar seni yang sampai saat ini masih melestarikan kesenian khusunya tari tradisional yang ada di kabupaten Cirebon. Sanggar yang berada di desa Mertasinga kecamatan Gunung Jati kabupaten Cirebon ini secara rutin melatih anak-anak generasi muda untuk mengenal seni dan mempraktekannya.

Sebagian seni tari yang dinilai hampir punah seperti tari wayang wong dan lainnya, namun di sanggar seni ini masih terus diajarkan kepada anak-anak baik dari usia TK, SD, SMP dan lainnya. Untuk keseriusan dalam melestarikan seni, ketua sanggar seni kencana ungu Elang Panji Jaya Prawirakusuma mengatakan setiap tahu anak-anak yang berlatih akan diuji dan dites kemampuannya.

Seperti saat ini anak-anak harus mempersiapkan kemampuan tarinya elama satu minggu sehingga setelah siap dan dianggap menguasai anak –anak akan diuji oleh para pelatih tari.

Diharapkan dengan latihan serius dan persiapan ujian tari anak-anak dapat menguasai teknik tari secara menyeluruh dan bisa menjiwai sebagai penar sehingga bisa menjadi generasi penerus yang melestarikan seni dan budaya lokal di kabupaten Cirebon. (Husen)

Berita terkait