Sejarah Situs Petilasan Sunan Kalijaga, Napak Tilas Penyebaran Islam Di Cirebon

Sejarah Situs Petilasan Sunan Kalijaga, Napak Tilas Penyebaran Islam Di Cirebon
0 Komentar

Apakah anda sering melintasi jalan Kalijaga kota Cirebon ? Ternyata ada cerita dibalik penamaan jalan yang lokasinya berbatasan dengan wilayah Mundu kabupaten Cirebon ini.

Napak tilas ke petilasan Sunan Kalijaga desa Mundu Pesisir kabupaten Cirebon ini mungkin bisa menjawabannya, petilasan Sunan Kalijaga ini menjadi saksi penyebaran agama Islam di Cirebon.

Menurut kuncen penjaga petilasan Sunan Kalijaga pernah singgah di desa Mundu Pesisir ini untuk menyebarkan agama Islam dan mengislamkan masyarakat yang kala itu menganut agama Hindu-Budha.

Baca Juga:Denda 500 Ribu Untuk Pkl-Pembeli Dinilai BerlebihanHarga Semua Jenis Cabai Anjlok Dipengaruhi Pasokan Cabai Melimpah Karena Musim Panen

Di petilasan yang berusia ratusan ini Sunan Kalijaga juga diceritakan menguburkan pusaka berupa gamelan dan alat musik tradisional yang digunakan untuk menyebarkan agama Islam di tanah Jawa.

Namun miris, petilasan Sunan Kalijaga yang memiliki nilai sejarah penting dalam perkembangan Cirebon justru tidak terawat dan diperhatikan oleh pemerintah kabupaten Cirebon.

https://www.youtube.com/watch?v=MzZekIt93o8

0 Komentar