Sedotan Plastik Dari Pati Jagung, Eco Straw Yang Dapat Hancur Dalam Waktu Enam Bulan

Permasalahan sampah menjadi persoalan serius di masyarakat terlebih akibat sampah ini membuat lingkungan tercemar dan membahayakan kesehatan tubuh.

Dari jumlah sampah yang diproduksi, 14 persen diantaranya merupakan sampah plastik, salah satunya sedotan plastik yang tak lepas dari kehidupan manusia, meskipun bentuknya kecil sedotan plastik ini digunakan hingga 93 juta batang perhari sehingga berdampak besar dalam pencemaran lingkungan.

Melihat keprihatinan ini Shapira seorang pelajar asal SMAN 2 Cirebon berinisiatif membuat komunitas Youth Action Cirebon, komunitas ini berkaitan dengan kepedulian lingkugan, sustainable product dan anak kecil.

Atas gagasan dirinya sebuah sedotan ramah lingkungan atau eco straw menjadi salah satu solusi dalam penggunaan sedotan, pasalnya sedotan ini terbuat dari pati jagung sehingga sedotan ini akan hancur dalam waktu enam bulan.

Kelemahan sedotan ini mudah pecah sehingga kita harus hati-hati saat menggunakanya Shapira berharap masyarakat kota Cirebon dapat lebih peduli masalah sampah plastik salah satunya dengan menggunakan eco straw ini, aksi kecil jika dilakukan bersama akan berdampak besar bagi lingkungan.