Dewan Minta Asuransi Nelayan Ditanggung Pemkab

Jumlah Penerima Asuransi Menurun Setiap Tahun

Dalam pertemuan di ruang komisi II DPRD kabupaten Cirebon dewan menggali informasi jumlah penerima asuransi nelayan se wilayah kabupaten Cirebon, ironis dari data tersebut jumlah penerima setiap tahun mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Berdasarkan data dari DKP kabupaten Cirebon, penerima asuransi nelayan untuk tahun 2018 hanya 505 nelayan jumlah itu lebih sedikit dibandingkan tahun 2017 sebanyak 838 nelayan dan tahun 2016 sebanyak 7 ribuan nelayan, padahal angka total nelayan di kabupaten Cirebon sendiri mencapai 17ribu.

Hal ini disebabkan sebagian nelayan belum menerima program asuransi nelayan meskipun nelayan tersebut bisa mengambil jalur mandiri.

Mengingat para nelayan yang memiliki resiko cukup besar dalam pekerjaannya jika ddibandingkan dengan penghasilannya, komisi II mengharapkan pemerintah daerah kabupaten Cirebon dapat menanggung asuransi para nelayan tersebut.

Tak hanya itu, jika ini benar dilakukan komisi II berharap penyaluran dapat dilakukan secara merata dan tepat sasaran yakni diantaranya lebih mengutamakan untuk para buruh nelayan yang hanya menggunakan kapal ukuran sekitar 5 GT.