PT PG Rajawali II Gandeng Bank BNI Berikan Bantuan Pinjaman Ke Petani Tebu Sebesar 40 Milyar Rupiah

Dalam rangka meningkatkan produktivitas gula serta sebagai upaya pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang berada di desa penyangga, PT PG Rajawali II meluncurkan program kemitraan tebu desa penyangga dengan pabrik gula (PG) Jatitujuh.

Pihaknya bekerjasama dengan bank BNI dalam memberikan bantuan dana pinjaman kredit usaha rakyat (KUR). Pinjaman dengan suku bunga rendah ini diberikan kepada para petani tebu dengan capaian target pada tahun 2018 sekitar 1.300 petani tebu dengan nilai sekitar 40 milyar rupiah.

Program ini merupakan wujud nyata kepedulian PT PG Rajawali II sebagai anak perusahaan BUMN terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitar sebelas desa yang tinggal dan bersentuhan langsung dengan kebun tebu PG Jatitujuh Majalengka.

Program kemitraan ini dibentuk sebagai wujudtanggung jawab sosial terhadap lingkungan dan masyarakat, diharapkan program ini dapat memberikan nilai tambah bagi pendapatan masyarakat sekitar dan meningkatkan hubungan baik antara perusahaan dengan pemerintah daerah setempat.

Melalui program ini masyarakat yang tinggal di desa-desa penyangga memiliki peluang untuk mengelola lahan dan menanam tanaman tebunya sendiri. Rencananya kegiatan ini akan terus dilakukan pengawalan dan pembinaan oleh petugas bagian tanaman untuk memudahkan transfer pengetahuan budidaya tebu kepada petani mitra.