Manis Asin Keripik Melinjo Desa Tuk, Masuk Pasar Dalam Kota Hingga Distribusi Ke Luar Kota

Emping adalah sejenis cemilan ringan berupa keripik yang terbuat dari biji melinjo, memiliki sedikit rasa pahit namun ditangan ibu Aminah, emping diolah dengan beragam rasa yang menggoda lidah.

Emping mlinjo milik ibu Aminah ini sudah berdiri sejak tahun 1993. Emping yang diolah memiliki beragam jenis seperti emping gurih, emping rasa asin dan emping rasa manis.

Untuk mengolahnya pun cukup sederhana, biji melinjo di sangrai menggunakan pasir, kemudian ditumbuk hingga berbentuk pipih, setelah itu emping dijemur di bawah terik matahari hingga kering. Emping yang sudah dijemur kemudian di masak dan jika sudah matang dibungkus dan di pasarkan. Biasanya emping di jual ke sejumlah pasar, baik dalam kota hingga ke luar kota Cirebon.

Untuk harga emping yang dijual ini relatif karena tergantung dari bahannya, namun biasanya dijual mulai dari 40 ribu rupiah hingga yang paling mahal diatas 50 ribu rupiah. Emping yang dijual ini biasanya di sediakan sebagai tambahan toping untuk soto, ketoprak, gado-gado, nasi goreng, nasi kuning dan nasi tumpeng.

Penjualan emping meningkat biasanya di hari- hari besar seperti hari raya idul fitri, hari raya idul adha, dan hari besar lainnya. Emping ini disukai dari berbagai kalangan baik orang tua, anak muda, hingga anak kecil.

Anda mungkin juga berminat