Pesona Goa Sunyaragi, Situs Peninggalan Sejarah Zaman Kerajaan

Bangunan taman air goa sunyaragi sudah ada sejak tahun 1703. Peninggalan sejarah ini dibangun oleh cicit Sunan Gunung Jati yaitu pangeran Kararangen Arya Cerbon. Dengan luas 15 hektar, bangunan cagar budaya ini dihiasi dengan bebatuan yang menempel pada setiap dinding bangunan.

Dinamakan sunyaragi karena disesuaikan dengan fungsinya, sunya berarti sunyi dan ragi berarti raga. Terdapat beberapa lokasi yang saat ini menjadi mitos seperti patung perawan sunti, konon patung tersebut tidak boleh dipegang oleh perempuan yang masih lajang karena menurut mitos hal ini menyebabkan akan susah mendapat jodoh.

Sementara terdapat beberapa goa di taman air goa sunyaragi seperti gua langse, pawon, lawa, kelanggenan, padang ati, dan lain sebagainya. Berlokasi di kelurahan Sunyaragi Kesambi kota Cirebon tempat ini menjadi andalan tempat pariwisata. Pengunjungnya bukan hanya dari sekitar Cirebon, melainkan dari berbagai macam kota.

Biasanya taman air goa sunyaragi selalu dipadati wisatawan khususnya pada libur akhir pekan dan libur nasional. Tak hanya menyajikan pemandangan alam, biasanya di musim liburan digelar sejumlah kesenian khas Cirebon untuk menghibur wisatawan.

Anda mungkin juga berminat