Lestarikan Seni Daerah, Alat Musik Gamelan Disimpan Di Kantor Desa

Lestarikan Seni Daerah, Alat Musik Gamelan Disimpan Di Kantor Desa
0 Komentar

Desa kamarang merupakan salah satu desa yang cukup tua di kabupaten cirebon dengan ciri khas kesenian yang sejak dulu sudah ada. Salah satu upaya untuk melestarikan keseniannya pemerintah desa kamarang kecamatan greged kabupaten cirebon menyimpan alat musik gamelan yang usianya cukup tua.

Alat musik gamelan ini disimpan di ruang kantor desa yang bersebelahan dengan pelayanan masyarakat. Gamelan ini tidak hanya di simpan namun pada hari tertentu perangkat desa dan lainnya turut berlatih memainkan alat gamelan.

Kuwu desa kamarang menyebut sampai saat ini belum ada revitalisasi alat gamelan ini dan masih asli peninggalan sejak dulu, namun kedepan diharapkan bisa menganggarkan untuk mengganti gamelan ini sehingga gamelan yang sekarang bisa dimuseumkan untuk dijadikan gamelan pusaka.

Baca Juga:APBD Perubahan 2018 Belum Rampung, Terdapat Anggaran Fisik Untuk Sekolah Di CirebonBKM Kesambi Bangun Sanimas 425 Juta, Mengakomodasi Warga Yang Tidak Punya Tangki Septik

Gamelan yang menjadi alat musik khas daerah ini diharapkan bisa terus dikenal oleh para generasi muda agar tidak punah oleh seni budaya luar yang kian berkembang.

https://www.youtube.com/watch?v=LoZV9ESqa5E

0 Komentar