Hari Cinta Puspa Dan Satwa Nasional, Tingkatkan Kepedulian Alam Dan Satwa Yang Dilindungi

Bidang konservasi sumber daya alam wilayah III Ciamis dan balai besar KSDA Jawa Barat memaknai hari cinta puspa dan satwa nasional sebagai ajang untuk bisa meningkatkan kepedulian dan perlindungan puspa dan satwa nasional, khusunya yang dilindungi tujuannya agar ekosistem dan keseimbangan alam bisa tetap terjaga dan dapat dilestarikan.

KSDA yang memiliki tugas tersebut sudah membentuk tim gugus tugas di setiap wilayah BKSDA fungsinya untuk penanganan peredaran satwa liar yang dilindungi maupun yang tidak dilindungi agar bisa terselamatkan dari hal yang tidak diinginkan salah satunya diperjual belikan.

Menurut kepala seksi wilayah VI Tasikmalaya bidang KSDA berdasarkan data perdagangan satwa liar masih tinggi sehingga menjadi konsentrasi balai besar KSDA Jawa Barat agar perdagangan dan perburuan satwa liar bisa diminimalisir.

Di hari puspa dan satwa nasional yang ditetapkan tanggal 5 November ini, BKSDA juga mengajak masyarakat agar peduli dengan alam dan tidak mengganggu tumbuhan maupun satwa yang dilindungi .