.

Memanfaatkan Limbah Kayu Untuk Membuat Patung Dan Furniture

Sejak pagi Joni bersama adiknya sudah bergelut dengan sejumlah bongkahan limbah kayu jati. Dengan berbagai alat yang masih tradisional Joni warga desa Tuk kecamatan Kedawung kabupaten Cirebon ini terus mengukir setiap limbah kayu jati hingga menjadi karya yang memiliki estetika yang cukup tinggi, hasil karyanya pun cukup beragam mulai dari hiasan patung hingga aneka furnitur seperti meja dan kursi.

Usaha ini bermula saat Joni hanya mencoba coba untuk merubah setiap limbah kayu jati yang berserakan disekitar rumahnya,namun dengan keuletan dan kemampuannya Joni yang dibantu adiknya ini dapat mengubah limbah kayu jati menjadi karya ukir patung hewan atau ukiran kontemporer dengan seni patung hewan timpah tindih hias.

Dari hasil kreasinya ini joni membandrol varian harga mulai dari satu juga hingga puluhan juta rupiah yakni tergantung setiap ukuran, tingkat kesulitan dan kualitas bahan patung tersbut.

Namun usaha yang sudah ia geluti sejak beberapa tahun ini masih mengalami kesulitan dalam pemasaran, keterbatasan pengetahuan dan jaringan menyulitkannya untuk menembus pasar nasional. (Sudedi)

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

× Hubungi Marketing