Masjid Syekh Anwarudin Kriyan Mulai Digunakan Jamaah

0 Komentar

Masjid Syekh Anwarudin Kriyan, yang dulu sempat disebut Masjid Mbah Fanani di wilayah Cibogo Argasunya Kota Cirebon, kini sudah mulai digunakan para jamaah. Usai direnovasi pada tahun 2020 lalu, kini menjelang ramadhan diadakan haul Mbah Soleh, yang merupakan pendiri Pondok Pesantren Benda Kerep.

Masjid yang dulu sempat disebut Masjid Mbah Fanani di wilayah Cibogo Argasunya Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon ini, sudah digunakan oleh masyarakat. Masjid yang di bangun tahun 1975 oleh Mbah Suyuti, dan tokoh agama lainnya tersebut, sempat terbengkalai puluhan tahun.

Pada tahun 2020, kembali bisa dilanjutkan pembangunan dan renovasi dari hasil donasi Ponpes Kebon Syarif Cibogo dan lainnya, yang kini diberi nama Masjid Syekh Anwarudin Kriyan.

Baca Juga:Geliat Bisnis Batu Akik Dan Barang KunoAsosiasi PSSI Kota Cirebon Adakan Liga Sentra Indonesia

Menyambut bulan suci ramadan, sesepuh Pondok Pesantren Benda Kerep, Cibogo dan para jamaah dari berbagai wilayah di Jawa Barat, menggelar haul Mbah Soleh yang merupakan pendiri Pondok Pesantren Benda Kerep.

Salah satu keturunan Mbah Soleh mengaku, haul pada tahun ini merupakan yang ke 53, dan di tahun 2023 bisa digelar di masjid ini. Tokoh Mbah Soleh sendiri pada era abad 18 merupakan salah satu pejuang melawan Belanda, dengan mengajak para ulama dan santri menghidupkan sholat dzuhur dan ashar secara berjamaah, untuk bisa bersatu mengusir penjajah Belanda.

Sementara arsitektur masjid ini terdiri dari momolo yang diberi nama Syekh Nurjati dari logam tembaga, dengan nama kubah Pakungwati, nama desain Grebeg Sungkem, nama ornamen Sapu Jagat, serta nama pengimbarannya Satria Pengingit.

0 Komentar