Potensi Wisata Kota Tua Jamblang Kabupaten Cirebon, Bersejarah!

Kawasan wisata Kota Tua Jamblang, Kabupaten Cirebon
Daftar Wisata Kabupaten Cirebon Foto: Kemenparekraf
0 Komentar

Kawasan wisata Kota Tua Jamblang, Kabupaten Cirebon. Foto: Kemenparekraf
Potensi Wisata Kota Tua Jamblang Kabupaten Cirebon, Bersejarah!

RADARCIREBON.TV – Jamblang, merupakan salah satu wilayan administratif yang berada di Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon. Ternyata, menyimpan sebuah potensi wisata yang jarang diketahui orang-orang.

Wisata kabupaten Cirebon satu ini, merupakan desa wisata Kota Tua Jamblang yang bertempat di Desa Jamblang, Kabupaten Cirebon. Tepatnya di sebelah barat sekitar 10 km dari pusat kota Cirebon.

Lalu, ada apa saja yang ada di wisata kota tua Jamblang?

Baca Juga:Makin Gaya dengan Honda Scoopy Stylish 2023 TerbaruWow! Ada Fitur Baru di Honda Scoopy Terbaru 2023

Di masa pemerintahan Sunan Gunung Jati yakni sekitar abad ke 14 masehi, Jamblang bahkan menjadi pusat pertahanan bagian barat Cirebon. Selain itu, Jamblang telah menjadi titik pusat perekonomian dan penyebaran agama Islam.

Jamblang juga menjadi bukti keharmonisan toleransi antar umat beragama seperti Kong hu Chu, kristen dan Islam dari dahulu hingga saat ini hidup rukun dan berdampingan.

Dan salah satu keistimewaan di Jamblang adalah adanya keberadaan Vihara Dharma Rakhita yang berusia sama dengan pendirian Masjid Sang Cipta Rasa Keraton Kasepuhan Cirebon. Bahkan, salah satu batang atap penyangga vihara ini berasal dari masjid kasepuhan tersebut.

Bangunan-bangunan di sini bentuk dan desainnya masih mempertahankan bentuk awalnya. Sehingga, nuansa dan suasana pada zaman dahulu amat terasa kala kamu berkunjung ke tempat ini.

Selain itu, peninggalan tak benda, seperti makanan dan lainnya ada aneka kuliner khas Jamblang seperti Nasi Jamblang yang khas Cirebon, nasi Langgi dan aneka kue basah khas pecinan yang asli dan lahir dari wilayah ini.

Jamblang sendiri bisa di katakan merupakan sebuah kawasan ekonomi dan sosial budaya dari dahulu hingga saat ini, maka sudah selayaknya dan pantas jika Jamblang mendapat julukan Kota Tua.

Di momen tertentu kamu bisa menikmati kesenian barongsai dan tari topeng serta latihan karate. Seperti contoh, di bulan lalu di mana orang-orang Cina yang tinggal di kawasan Pecinan menyelenggarakan kegiatan akbar sebagai peringatan hari raya mereka.

0 Komentar