Wisata Kota Tua Ada di Cirebon? Gak Hanya di Jakarta Doang

Wisata Kota Tua Ada di Cirebon? Gak Hanya di Jakarta Doang
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Kalian tahu gak sih? Cirebon mempunyai wisata bersejarah yakni Wisata Kota Tua. Selama ini kita cuma tahu Kota Tua itu ada di Jakarta saja. Ups, ternyata Cirebon juga punya loh… Udah pernah ke sana belum ?

Kota Cirebon merupakan salah satu tujuan wisata paling populer di Jawa Barat. Cirebon bukan hanya surga kuliner, tapi juga menawarkan wisata sejarah yang tak kalah menarik. Mulai dari sejarah penyebaran Islam hingga masa kejayaan rokok kolonial.Salah satu tujuan wisata adalah kawasan bangunan tua. Di kawasan ini terdapat bangunan kolonial terkenal yang menjadi salah satu pabrik rokok terbesar. Namanya British American Tobacco (BAT). Warga Cirebon mengenalnya dengan nama gedung BAT.  

Tak sedikit yang berswafoto di kawasan gedung BAT. Terbaru, di kawasan ini juga di bangun replika Pedati Gede. Pedati bersejarah yang ada di Cirebon. Peninggalan warisan Wali Songo pada masanya.

Baca Juga:Hari Raya Nyepi Tahun 2023 Kapan?Tambak Udang di Kabupaten Kebumen Terbesar di Indonesia

Sejarah Kota Tua Cirebon

Dahulu kota tua atau gedung tua yang ada di Cirebon ini adalah Gedung BAT telah di tetapkan sebagai situs cagar budaya oleh Pemerintah Kota Cirebon. Gedung BAT di bangun pada tahun 1924. Pada tahun 2018, juru kunci gedung BAT, Muhamad Yusuf, menceritakan kisah BAT kepada detikcom.

Saat ini BAT sudah tidak memproduksi rokok sejak 2010. Salah satu penyebabnya adalah penurunan penjualan. Meski demikian, di akui Yusuf, BAT memiliki banyak kenangan.  

Mungkin ada orang lain yang tahu merek rokok ini? Dia orang pertama yang melakukan ini di pabrik Cirebon. Kini gedung BAT di Cirebon hanya menjadi saksi bisu ketenaran rokok tersebut.

Yusuf menceritakan kisah BAT dari buku yang di bacanya milik perusahaan BAT. Ia mengatakan pertama kali di bangun di Cirebon pada tahun 1924. Setelah membangun kerajaan bisnis rokoknya di Cirebon, ia kemudian membangun pabrik BAT di beberapa tempat yakni Semarang dan Surabaya.

BAT mengalami masa-masa sulit dalam perjalanannya, seperti saat Perang Dunia Kedua. Pabrik itu di sita oleh Jepang. BAT mengalami hambatan pada tahun 1943 selama Perang Dunia II. Perusahaan itu di kendalikan oleh Jepang. “Operasi produksi telah di hentikan,” katanya.

Enam tahun setelah perusahaan tersebut berada di bawah kendali Jepang, BAT kembali memproduksi rokok dan mulai menunjukkan ketenarannya pada tahun 1949, empat tahun setelah Soekarno memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. BAT terus berkembang dengan nama baru BAT Manufacture Indonesia Limited.

“Pada tahun 1972, Cirebon (BAT) tetap di produksi dan di kembangkan sementara di tutup di Surabaya. Kemudian di batalkan di Semarang pada 01/07/1989. Dan pada 2010, Cirebon mulai berhenti berproduksi,” kata Yusuf.

Baca Juga:Syarat Mudik Gratis Lebaran 2023 dari JasaraharjaCara Daftar Mudik Gratis Kemenhub 2023 Simak Syaratnya

Yusuf mengatakan, bangunan BAT memiliki luas sekitar satu hektar. Dia mengatakan mesin rokok telah di pindahkan. “Bangunannya sudah di bersihkan. Banyak ruangan, produksi, pengemasan, perkantoran dan lainnya. Sekarang sedang di rawat dan akan terus di rawat,” ujarnya. 

Aksen Kota Tua Cirebon

Kawasan BAT atau Kota Tua ini berada tidak jauh dari Alun-alun Kejaksan atau Masjid Raya Taqwa atau pusat kota Cirebon. Jika ingin ke sini dengan kendaraan pribadi, hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit dari Lapangan Kejaksaan Kota Cirebon. Gedung BAT tidak jauh dari Pelabuhan Cirebon.

Datang dari Alun-alun Kejaksaan Kota Cirebon atau Masjid Raya Taqwa, masuk ke Jalan Veteran, melewati Polres Cirebon Kota, lalu terus ke arah Jalan Sisingamangaraja, lurus ke Jalan Benteng dan Jalan Pasuketan. Lokasi gedung BAT ini berada di Jalan Pasuketan. Sementara untuk jalur lain bisa dari Alun-alun Kejaksaan Kota Cirebon atau Masjid Agung Taqwa menuju Jalan Karangetas kemudian menuju Jalan Pajuna. Setelah itu belok kanan menuju Jalan Kantor dan Jalan Pasuketan. Jalan Kantor melintasi Jalan Pasuketan, tepat di mana BAT berada. 

Jadi gimana nih? Sekarang udah tahu kan… Ternyata di Cirebon juga ada Wisata Kota Tua tidak hanya di Jakarta doang. Ups…

Yuk Berkunjung ke Wisata Kota Tua Cirebon bersama orang kesayangan anda.

0 Komentar