Apa Cih Mobil Suv Itu ?

MOBIL JEEP
MOBIL JEEP
0 Komentar

Apa Itu Mobil SUV?

Sport Utility Vehicle (bahasa Indonesia: Kendaraan utilitas sport), di singkat SUV atau julukan Bemo, merupakan klasifikasi mobil penumpang, namun di bangun di atas bodi truk ringan. Di Indonesia, mobil jenis ini sering disebut “mobil jip”. Bahkan, Jeep adalah merek SUV Amerika pertama di dunia, yaitu “Jeep”.

Pada umum nya mobil yang tergolong SUV di lengkapi dengan penggerak roda (4×4), sehingga dapat di gunakan untuk off-road. Namun, banyak mobil SUV di Indonesia yang tidak di lengkapi  penggerak empat roda (4×4). Merek SUV yang di lengkapi dengan ban yang bergerak semua (4×4) antara lain Toyota Land Cruiser, Jeep Wrangler, beberapa versi Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport, dll.

MOBIL JEEP

Ciri khas  SUV adalah biasa nya memiliki ban serep di bagian belakang dan memiliki ground clearance yang tinggi. Istilah SUV, menurut definisi,  identik dengan multi-mobil, kendaraan dengan ciri khas bodi besar dan mesin yang sangat bertenaga.

Baca Juga:Legislatif DPRD Kab. Cirebon – Evaluasi Pelaksanaan Merger Sekolah DasarKeluarga Besar H. Sipon Gelar Pengajian Sambut Ramadan

Desain  SUV ini sendiri juga secara umum lebih sporty, dengan lekukan bodi yang kokoh yang terkesan tahan banting dan durabilitas saat di kendarai di jalanan off-road dan perkotaan.

Karakteristik Mobil SUV ?

1. Sasis Kuat Berdasarkan konsep SUV

Sebagai kendaraan yang tahan lama, maka sasis yang di gunakan SUV ini tentu nya juga biasa nya sangat kuat.

Diintegrasikan ke dalam sasis tangga dan kombinasi monocoque, yang memungkinkannya menahan beban maksimum sambil mempertahankan tampilan lambung yang lebih tinggi. SUV biasanya memiliki sasis dan suspensi satu ukuran untuk semua. Selain itu, beberapa jenis, seperti yang mendukung pengendaraan off-road, cenderung memiliki as roda yang lebih kaku sehingga meningkatkan kemampuan off-road.

2. Ground clearance

Sebaliknya, ground clearance atau jarak terendah SUV juga rata-rata lebih tinggi dari MPV yang biasanya tingginya mencapai 210 mm. Hal ini tentunya menjadi penunjang agar bagian bawah mobil ini lebih aman saat dikendarai di medan pegunungan atau pedesaan yang terjal dan berbatu.

3. Ban Berdiameter Besar

Selain itu, SUV biasa nya memiliki diameter ban 15-17 inci atau lebih. Selain itu, roda SUV biasa nya di lapisi dengan ban profil tinggi yang membuat nya awet dan memiliki cengkraman yang lebih kuat. Ideal untuk medan target saat bepergian di medan kasar atau off-road.

MOBIL JEEP

4. Dimensi bodi relatif besar

Sebagai mobil yang memberikan kesan lincah, dimensi bodi jeep ini di desain natural dengan panjang, tebal, besar, dan maskulin.

Hal ini tentu nya menjadi ciri khas SUV sebagai kendaraan sport yang memberikan kesan siap menerjang berbagai permukaan jalan yang dikendarai nya.

Baca Juga:Pesan Sultan Di Milad Keraton Kacirebonan Ke 215MI Al-Washliyah Gelar Khotmil Quran

5. Spakbor Besar

SUV berikutnya memiliki wajah dengan spakbor besar dan berwibawa.

Penggunaan spakbor sebesar itu tentu saja membuat citra visual SUV ini semakin tinggi dan mencolok.

6. Kabin Luas dan Suspensi Tangguh

Mobil tangguh, termasuk SUV, disebut-sebut memiliki ruang penumpang yang luas dan fleksibel sehingga menjamin kenyamanan bagi penumpangnya.

Bahkan, jangan lupa suspensi yang digunakannya juga sangat keras, dan daya serap goncangan yang relatif tinggi memastikan stabilitas yang maksimal.

0 Komentar