Fakta Menarik Tugu Nanas Subang Jawa Barat

Fakta Menarik Tugu Nanas Subang Jawa Barat
Sumber : instagram @exploresubang
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Halo Bestie Radar! Kalian sudah tahu dengan Tugu Nanas Subang di Provinsi Jawa Barat?. Tugu Nanas adalah sebuah monumen di Jalancagak, Subang, Jawa Barat. Orang sering menyebutnya “Tugu Nyagak” yang berarti jalan bercabang. Tugu Nanas merupakan bundaran bagi kendaraan yang hendak melintasi Subang, Bandung, Purwakarta, dan Sumedang. 

Berikut ini fakta menarik Tugu Nanas yang belum banyak orang tahu

Sejarah

Di kutip dari Detikjabar bahwa orang Subang mengenal mereka ketika menyeberang dari Subang arah ke Bandung atau Purwakarta melihat Monumen Nanas. Lokasi persisnya tepat di depan Kantor Polsek Jalancagak.

Baca Juga:Ke Pantai Subang Cirewang Kuy! Bawa Ayang Makin SosweetNgiler! Harga Nokia Android 3 Jutaan dan Spesifikasinya – Turun Drastis

Menurut Yono Sugiono, seorang pegiat sejarah Subang, cerita di balik pembangunan Monumen Nanas Subang bermula dari fakta bahwa wilayah selatan Subang, seperti Jalancagaki, menjadi penggerak ekonomi pertanian.

Yono mengatakan, untuk meresmikan kawasan Jalancagak sebagai penghasil nanas terbanyak, Camat Jalancagak saat itu membangun tugu nanas pada 2005. Namun, pembangunan tugu nanas tahun itu masih sederhana. “Monumen nanas sudah di bangun, tapi masih mudah menjadikan Jalancagak ikonik sebagai kawasan penghasil nanas terbaik saat Pak Aseng menjadi camat pada 2005 lalu.

Agar tugu nanas semakin ikonik, lanjut Yono, tugu nanas pada tahun 2015 di hidupkan kembali oleh Pemerintah Kabupaten Subang yang saat itu di pimpin oleh Gubernur Ojang Sopandi. Selain zaman Ojang, di bawah kepemimpinan penguasa saat ini Ruhimati, monumen nanas juga di percantik.

“Pada zaman mantan penguasa Subang alias Pak Ojang, monumen nanas di hidupkan kembali lebih baik lagi. Sekarang pemerintahan Pak Ruhimati juga di tata ulang,” katanya. Seperti yang Anda lihat, tugu nanas ini sebenarnya adalah ikon Jalancagak, penghasil nanas terbesar di Subang. Hal ini juga di buktikan dengan mata pencaharian masyarakat Indian Jalancagakki sendiri yang sebagian besar berprofesi sebagai petani nanas. Tentunya juga melintasi kawasan Jalancagak, orang akan melihat banyak penjual nanas pinggir jalan.  

Sebagai Ikon Daerah

Tugu Nanas sendiri merupakan icon Jalancagak, penghasil nanas terbesar di Subang dan pemasok nanas terbesar di seluruh Indonesia. Hal ini sejalan dengan mata pencaharian masyarakat Jalancagakk sendiri yang sebagian besar berprofesi sebagai petani nanas.

Tentunya bagi Anda yang berkendara ke Bandung, Sumedang atau Purwakarta dari arah Subang, Anda akan melihat banyak pedang nanas di jalan.

Selain sebagai penghasil nanas terbesar, Jalancagak juga memiliki bangunan peninggalan kolonial Belanda di Subang, salah satunya adalah bangunan yang kini menjadi kantor pos yang letaknya persis di depan Monumen Nanas. Bangunan itu di gunakan sebagai penjaga tentara Belanda dan juga untuk pemeriksaan kendaraan produksi pertanian. 

Baca Juga:Bestie Sudah Tahu Belum Harga Bekas Toyota Rush 2017?Kuy! Ngabuburit Bareng Bestie di Masjid Agung Indramayu

Itulah informasi terkait Tugu Nanas Subang Jawa Barat yang harus di ketahui.

0 Komentar