Harga Bawang Merah Dan Tomat Mahal Dipasaran

0 Komentar

Harga bawang dan tomat di pasar tradisi di Kota Tegal, mengalami kenaikan cukup signifikan dalam sepekan terakhir. Pedagang menduga tingginya kedua bahan komoditas tersebut, akibat pasokan di pasaran berkurang.

Pantauan di Pasar Pagi Kota Tegal, harga bawang merah berada di kisaran 45 ribu hingga 50 ribu rupiah perkilogram.

Salah seorang pedagang mengatakan, kenaikan harga bawang merah asli Brebes cukup signifikan. Untuk bawang merah ukuran kecil dari harga sebelumnya 35 ribu rupiah perkilogram, naik menjadi 45 ribu rupiah perkilogram.

Baca Juga:Mencicipi Sempol KasaTahun Politik Masyarakat Dihimbau Jaga Persatuan

Sementara bawang merah ukuran biasa, dari harga sebelumnya yang hanya 38 ribu rupiah perkilogram, naik menjadi 50 ribu rupiah perkilogram.

Pedagang menduga, melonjaknya harga bawang merah tersebut, karena pasokan dari petani berkurang, mengingat saat ini petani bawang merah di Brebes belum banyak yang menanam tanaman bawang merah.

Selain bawang merah Brebes, kenaikan harga juga terjadi pada komoditas tomat, cabai merah besar, cabai keriting dan cabai orange.

Tomat misalnya, meski sudah mengalami penurunan, namun harga tomat saat ini masih tinggi, yakni 16 ribu rupiah perkilogram, atau jauh dari harga normal dikisaran 6 ribu hingga 8 ribu rupiah perkilogram.

Sementara untuk cabai merah besar dan cabai keriting, menjadi 30 ribu rupiah perkilogram, dari harga sebelumnya 20 ribu rupiah perkilogram. Sedangkan cabai orange dari harga sebelumnya 25 ribu rupiah perkilogram, naik menjadi 30 ribu rupiah perkilogram.

Para pedagang memperkirakan, tren harga berbagai komoditas kebutuhan pokok masih akan terus bergerak naik, terlebih beberapa pekan lagi mendekati hari raya idul adha atau hari raya kurban.

0 Komentar