Misteri 97 Tahun! Sukamenak Kabupaten Garut Jawa Barat – Konon Kebakaran

Misteri 97 Tahun! Sukamenak Kabupaten Garut Jawa Barat - Konon Kebakaran
sukamenak kabupaten garut jawa barat/deskjabar.pikiran-rakyat.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Desa Sukamenak mempunyai kampung yang bernama Kampung Papandak. Konon ceritanya kampung Papandak adalah kampung yang termaju di Sukamenak Kabupaten Garut Jawa Barat. Akibat perkembangan zaman yang tak terkendali, akhirnya desain bangunan tersebut kini hanya tinggal sejarah dari Kampung tersebut.

Sejarah Desa Sukamenak Kabupaten Garut Jawa Barat

Desa Papandak merupakan tempat wisata baru di desa Sukamenak Kabupaten Garut Jawa Barat. Terdapat sebuah sekolah silat di desa Papandak. Pemerintah Kabupaten Garut berencana menjadikan Desa Papandak sebagai destinasi wisata budaya karena Desa ini memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Pada masa kolonial, Kampung Papandak menjadi pusat kebudayaan, khususnya budaya pencak silat. Selain itu, warga desa Papandak menggunakan rumah adat khas Sunda. Keadaan desa Papandak sudah di kenal Belanda sejak tahun 1873, bahkan keindahan desa Papandak dan Talaga Bodas di sulap menjadi Opregte Haarlemsche Courant Belanda.

Baca Juga:Si Paling Natural, Kamera OPPO Reno7 Z 5G Kinclong Maksimal!Sudah Hampir 2 Tahun Harga Oppo A95 di Awal Juni: Rp. 2.??0.000,- SAJA!

Namun pada 1926, Kampung Papandak kembali masuk dalam koran Belanda De Nieuwe Vorstenlanden karena kebakaran yang menghancurkan 200 rumah adat yang juga di tinggali oleh penduduk kampung Papandak. Akibat kebakaran yang menghanguskan beberapa rumah saat membangun kembali Kampung Papandak, masing-masing rumah cukup besar untuk tidak menjadi pemukiman padat penduduk.

Rumah adat Desa Papandak sangat rentan terhadap kebakaran karena rumah tersebut di bangun dari bahan yang mudah terbakar. Tiga tahun kemudian, tahun 1929, Kampung Papandak kembali terbakar, seperti di beritakan di surat kabar Het Vaderland. Kali ini, api juga meluluhlantakkan rumah 121 warga, tiga masjid, dan sawah beberapa warga.

Adat Istiadat Masyarakat Desa

Masyarakat di sana umumnya menikah hanya dengan orang Papandak lagi. Serta, penduduknya sangat suka bergotong royong. Banyak yang kagum tentang kesolidaritasan dari orang orang Papandak. Lebih mengutamakan kepentingan umum di banding kepentiingan pribadi. Hal itu dapat terlihat dari aktivitas yang ada di sana misalnya, jika ada satu orang yang sedang buat rumah maka orang sekampung itupun ikut membantunya. Karena kampungnya, sudah menjadi tujuan wisata populer sejak zaman penjajahan Belanda. Papandak ini terletak di dekat Talaga Bodas. Sambil menikmati Talaga Bodas, wisatawan bisa mengunjungi Desa Papandak untuk merasakan budaya Sunda.

Apakah tertarik berkunjung ke Desa Sukamenak Kabupaten Garut Jawa Barat ini? Selamat beraktifitas.

0 Komentar