Gelombang Tinggi Ancam Pemukiman Warga

0 Komentar

Gelombang tinggi di Pantai Purwahamba Indah Kabupaten Tegal, mengancam pemukiman warga. Sejumlah rumah yang hanya berjarak beberapa meter dari bibir pantai rusak dan tertimbun pasir laut.

Beginilah kondisi bibir pantai di sekitar kawasan Pantai Purwahamba Indah, Dukuh Pandan Laut Desa Purwahamba, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal. Terjangan gelombang tinggi sejak dua pekan terakhir mengikis daratan hingga mengancam pemukiman penduduk.

Kencangnya terjangan gelumbang bahkan telah merusak sejumlah rumah warga yang hanya berjarak beberapa meter dari bibir pantai. Satu rumah warga kini kondisinya  memprihatinkan dan sangat membahayakan para penghuninya jika tiba-tiba diterjang gelombang tinggi.

Baca Juga:Emak Emak Datangi Balai Desa207 Saksi Kasus Gratifikasi & TPPU Sunjaya Diperiksa 

Kini antara dinding bangunan rumah dengan bibir pantai hanya berjarak sekitar meter tanpa tangghul penahan gelombang air laut. Lantai rumah pun tertimbung material pasir laut yang terbawa ombak.

Salah seorang warga, Wasmo (62) mengatakan ia dan puluhan warga lainnya selalu khawatir saat gelombang tinggi menerjang sekitar pukul 3 hingga 4 pagi setiap harinya. Saat ini terdapat lima rumah yang letaknya sangat dekat dengan bibir pantai. Satu diantaranya rusak dan tertimbun pasir laut.

Warga telah meminta bantuan ke pemerintah melalu kepala desa setempat. Namun hanya diberi kantong pasir sebagai tanggul darurat yang kini kondisinya telah hilang tertimbun pasir laut yang terbawa ombak besar.

Selain terjangan gelombang tinggi warga juga menghadapi banjir pasang air laut. Warga berharap pemerintah segera melakukan penanganan dengan membuat tanggul pemecah gelombang.

0 Komentar