Perbedaan Antara Smart TV dan Android TV, Jangan Salah Beli!

Perbedaan Antara Smart TV dan Android TV, Jangan Salah Beli!
perbedaan smart tv dan android tv/foto:https://berdikarinews.id/
0 Komentar

RADARCIREBON.TV Berencana membeli televisi baru untuk di rumah? Simak 7 perbedaan Android TV dengan Smart TV agar tidak salah beli.

Tidak di pungkiri, memahami perbedaan antara Smart dan Android TV bisa sangat membingungkan. Sebab keduanya sangatlah mirip.

Kita dapat mengatakan bahwa Android TV pada dasarnya adalah sejenis Smart TV. Namun, ada sedikit perbedaan yang bisa membuat satu lebih cocok dari yang lain untuk di tempatkan di rumah

Baca Juga:Tak Perlu Galau Anda Bisa Pake Memori HP Simpan File Dengan Harga MurahGokil Abis! Mobil Suzuki Celerio Terbaru 2022 Harga Murah Banget

Pengertian Smart TV dan Android TV

Smart TV atau juga kerap di sebut TV berinternet adalah elektronik yang memiliki fungsi TV pada umumnya, yaitu untuk menonton tayangan.

Namun, tayangan yang ingin di tonton memerlukan koneksi internet.

Hal ini membuat smart TV tidak hanya bisa di gunakan untuk menonton tayangan TV pada umumnya, namun juga menonton konten online alias streaming di berbagai aplikasi. Misalnya, streaming tayangan di Amazon Prime Video, Netflix, hingga Youtube.

Makanya, smart TV di anggap ‘TV pintar’ daripada TV biasanya yang hanya menayangkan tayangan analog. Dengan menggunakan smart TV, Anda bisa menonton berbagai tayangan digital multiaplikasi.

Smart TV dapat mengakses berbagai konten digital karena memiliki sistem pengoperasian bawaan. Umumnya berupa Tizen OS dan WebOS.

Hal ini yang menjadi perbedaan dasar dengan Android TV. Sederhananya, Android TV adalah smart TV karena fungsinya sama, namun memiliki sistem pengoperasian yang berbeda karena menggunakan sistem Android.

Perbedaan Smart TV dan Android TV

Setelah mengetahui definisi dari keduanya, berikut perbedaan smart TV dan Android TV mulai dari segi tampilan, OS, hingga fitur yang digunakan.

1. Tampilan

Umumnya, smart TV memiliki tampilan yang lebih sederhana dan mudah di pahami oleh penggunanya. Sebab, format pengoperasian sistem smart TV tak jauh berbeda dari TV analog, sehingga pengguna baru bisa lebih mudah dan cepat menyesuaikan.

Baca Juga:Mobil Irit BBM Harga Murah 50 jutaan Buruan Dipinang Guys..Ingin Tampil Keren Seperti Ariel Noah ? Yuk Coba Pake Motor Bebek Harga Murah

Boleh dibilang, smart TV lebih ‘ramah’ untuk pengguna. Sementara tampilan Android TV lebih kompleks. Apalagi jika sebelumnya Anda belum pernah menggunakan sistem Android di perangkat lain, seperti handphone (hp).

2. Pengaturan

Sebenarnya, tampilan di Android TV bisa dibuat lebih sederhana jika Anda bisa mengaturnya. Namun, hal ini butuh proses, yaitu mengaturnya secara manual.

Berbeda dengan smart TV, pengaturan bisa dikatakan tidak diperlukan karena umumnya sudah tertata sesuai sistem bawaan. Jadi, Anda tinggal menikmatinya saja.

3. Aplikasi

Dari segi aplikasi, Android TV boleh di bilang lebih unggul ketimbang smart TV. Soalnya, aplikasi di smart TV merupakan aplikasi bawaan dari sistem.

Misalnya, kalau dari awal membeli smart TV sudah ada aplikasi Netflix dan Youtube-nya, Anda bisa menggunakan kedua aplikasi ini. Tetapi jika tidak, Anda tak bisa mengakses aplikasi tersebut.

Sebab, pengguna tidak bisa menambahkan aplikasi di smart TV, sedangkan di Android TV bisa. Ini karena Android TV menggunakan sistem yang terhubung dengan Google Play Store.

Jika saat membeli Android TV tidak ada aplikasi Netflix misalnya, maka Anda bisa mencari aplikasi tersebut di Google Play Store, kemudian mengunduhnya sendiri. Dengan begitu, Anda bisa menikmati tayangan Netflix di TV.

Hal ini berlaku untuk aplikasi streaming lainnya yang ingin Anda gunakan, tinggal unduh saja di Google Play Store, sehingga Anda bisa menambahkan sesuai kebutuhan. Pilihan aplikasi di Google Play Store pun sangat banyak, meski ada yang gratis dan berbayar.

0 Komentar