Babarit, Makan Bersama Di Jalan Desa Sepanjang 1 Km

0 Komentar

Pemerintah Desa Maniskidul Kecamatan Jalaksana merayakan ulang tahun desa ke 238, dengan acara doa bersama dan babarit. Tradisi babarit dilakukan dengan acara makan bersama, dikuti sekira 4000 warga yang memadati halaman dan jalan desa setempat sepanjang 1 kilometer.

Pemerintah Desa Maniskidul Kecamatan Jalaksana Kuningan, merayakan ulang tahun desa ke 238, melalui acara doa bersama dan babarit sebagai ungkapan rasa syukur, Senin sore, 4 September 2023.

Tradisi babarit di Desa Maniskidul tergolong unik, sekira 4000 warga memadati alun alun dan jalan desa sepanjang 1 kilometer, untuk menyaksikan pawai warga dan pemuda membawa hasil pertanian dan aneka makanan.

Baca Juga:Warga GSP Demo Proyek IAIN SNJAksi Penganiayaan Dengan Cangkul

Pawai ini diikuti oleh rombongan warga dari beragam usia, masing masing membawa makanan secara sukarela, menuju balai desa setempat.

Dalam acara pembukaan, secara simbolis Kepala Desa Sadiman menyerahkan nasi tumpeng  kepada Bupati Acep Purnama, acara ini juga dihadiri Ketua DPRD Nuzul Rachdy, Ketua Ikiad DPRD Indah Nuraliyah, DPMD Kuningan melalui Sekretaris Ahmad Faruk, dan Muspika Kecamatan Jalaksana.

Usai melaksanakan doa bersama, kepala desa menerangkan, berbagi makanan menyambut hari jadi desa, telah dilakukan secara turun temurun.

Hal unik lainnya yang dilakukan adalah bertukar makanan antar warga. Menurut penyelenggara, cara ini dilakukan sebagai ungkapan syukur dan saling peduli antar masyarakat.

Babarit menjadi salah satu bagian dari rangkaian milangka ke 238 Maniskidul. Acara lainnya yang digelar antara lain jalan santai dan puncak peringatan melalui sebuah rapat paripurna di balai desa esok

0 Komentar