Cari Tahu Yuk “perbedaan kompor listrik dan induksi” Biar Kalian Tidak Salah Pilih “.

Cari Tahu Yuk "perbedaan kompor listrik dan induksi" Biar Kalian Tidak Salah Pilih ".
Cari Tahu Yuk "perbedaan kompor listrik dan induksi" Biar Kalian Tidak Salah Pilih ".
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- perbedaan kompor listrik dan induksi banyak yang tidak di ketahui oleh banyak orang dan kompor listrik ini juga sekarang menjadi tren di semua kalangan.

Pemerintah akan membagikan paket kompor listrik gratis kepada 300.000 rumah tangga miskin menurut Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Diberitakan Kompas.com (20/9/2022).

Pembagian kompor listrik sebagai bagian dari uji coba pengalihan penggunaan kompor gas dengan bahan bakar elpiji.

Baca Juga:3 wisata yang terkenal di yogyakarta yang Wajib Kalian Sambangi Saat Berwisata ke Kota yogyakarta !Jalan Jalan ke Yogja Jangan Lupa Mampir dan Beli “makanan khas jogja”,Simak di Sini Ya !

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan, setiap rumah tangga miskin akan menerima paket kompor listrik gratis senilai Rp 2 juta.

Paket tersebut terdiri dari satu kompor listrik dengan dua tungku, satu alat masak, dan satu miniature circuit breaker (MCB) atau meteran listrik khusus. “Uji coba ini yang akan kita evaluasi sampai Oktober nanti,” ujarnya di Gedung DPR, Selasa (20/9/2022).

  • Tingkat Efisiensi Energi

Peralatan masak akan jauh lebih efisien jika di panaskan secara langsung dibandingkan dengan yang tidak langsung.

Di lihat dari tingkat efisiensi energinya, maka kompor induksi lebih di rekomendasikan jika di bandingkan dengan kompor listrik karena bisa menghemat energi lebih banyak.

Kompor induksi menggunakan reaksi elektromagnetik untuk menghantarkan panas ke makanan dalam wajanan dengan kemampuan hingga sekitar 80 – 90 persen.

Sementara itu, kompor listrik hanya dapat mencapai efisiensi energi sekitar 70% saja.

  • Cara Pemanasan

Kompor induksi dan kompor listrik memang merupakan jenis kompor yang kini tengah di gandrungi oleh kaum milenial.

Baca Juga:Tips Anti Gagal, Cara membuat martabak telur di rumah !“Nutsi Buah Nanas”bisa mengurangi peradangan Pada Saat Batuk !

Hal ini di karenakan tidak perlu menyalakan api untuk memasak karena kedua jenis kompor ini menggunakan cara pemanasan yang berbeda untuk menghantarkan panas.

Sesuai namanya, kompor listrik tentu saja menghantarkan panas melalui sumber energi listrik yang di colokkan ke kompor secara tidak langsung.

Sementara itu, kompor industri dapat memanaskan panci dan wajan secara langsung menggunakan reaksi energi elektromagnetik.

  • Harga

Harga memang selalu menjadi pertimbangan utama seseorang sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu, tak terkecuali saat ingin membeli kompor.

Namun, perlu di sadari bahwa harga mahal tentu akan memberikan kualitas dan keuntungan yang berbeda dengan harga yang lebih murah.

Kompor induksi memang terbilang lebih mahal jika di bandingkan dengan harga pasaran kompor listrik karena teknologi yang di gunakan pada kompor jenis ini relatif masih baru.

Namun, kompor ini lebih awet dan tidak perlu menelan biaya listrik lebih banyak setiap bulannya.

  • Tingkat Keamanan

Kompor induksi banyak di rekomendasikan untuk di gunakan mulai dari remaja hingga orang dewasa karena tidak memerlukan api untuk menghantarkan sumber panas.

hanya memanaskan partikel besi dengan item yang terdapat di dalamnya sehingga resiko kebakaran kecil.

Kompor induksi juga memiliki fitur-fitur otomatis yang dapat mengatur durasi waktu memasak dan waktu matinya kompor sehingga tetap aman meskipun di tinggalkan.

Sedangkan kompor listrik sendiri notabene tidak aman disentuh setelah selesai di gunakan untuk memasak.

  • Suhu Maksimum

Suhu maksimum yang di hasilkan oleh kompor induksi memang cenderung lebih rendah di bandingkan dengan kompor listrik. Kompor induksi hanya bisa mencapai suhu hingga 351 derajat Celcius sedangkan kompor listrik bisa mencapai suhu lebih tinggi yakni 393 derajat Celcius.

Namun, kompor induksi lebih cepat mengalihkan suhu dari panas ke dingin. Sementara itu, kompor listrik cenderung membutuhkan waktu yang lebih lama untuk beralih dari suhu panas tinggi ke suhu rendah. Maka tak heran jika kompor induksi memang direkomendasikan karena lebih aman.

Kompor induksi bisa menjadi alternatif bagi kamu sahabat Rinnai yang ingin mendapatkan fitur dan tingkat keamanan yang lebih bagus.

Namun, untuk budget yang lebih terbatas maka kompor listrik lebih direkomendasikan. Dengan mengetahui perbedaan kompor listrik dan induksi,Anda bisa lebih mudah dalam memilih.

itu dia 5 perbedaan yang sudah mimin rangkum perbedaan kompor listrik dan kompor indusksi,jadi kalian pilih yang mana.

0 Komentar