Shortcrust Pastry Kerap Digunakan Untuk Membuat Kue: 5 Hal tentang Shortcrust Pastry, Beda dengan Puff Pastry!

Shortcrust Pastry Kerap Digunakan Untuk Membuat Kue: 5 Hal tentang Shortcrust Pastry, Beda dengan Puff Pastry!
shortcrust pastry: thespruceeats.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Dalam industri pastri, tidak hanya puff pastry yang di gunakan bersama baking agar hasilnya luar biasa dan unik, ada banyak jenis pastri lain yang menarik untuk di buat dalam beberapa jenis makanan populer, salah satunya pastry pita pendek.

Berbagai masakan populer bahkan menggunakan kue kering singkat. Oleh karena itu, label bahan serbaguna untuk kulit ini masuk akal. Selain itu, meskipun pembuatannya mudah, hasilnya luar biasa.

Untuk mengetahui lebih banyak seputar shortcrust pastry, kamu bisa menyimak informasi yang tertera berikut ini. Yuk, cek sampai selesai!

Baca Juga:Tidak Cuma Croissant, Ada Pula Pastry Enak Lainnya: Inilah 5 Jenis Pastry Paling Populer, Croissant Jadi Incaran!Pilihan HP Murah dengan Fitur Support WhatsApp (WA) yang Menarik untuk Anda Miliki

1. Pengertian shortcrust pastry

Di lansir Allrecipes, shortcrust pastry adalah salah satu adonan populer yang memiliki tekstur cukup rapuh seperti biskuit. Karakteristik yang khas dari adonan tersebut di dapat dari rasio penggunaan tepung yang lebih tinggi dari pemakaian lemak. Hal tersebut membuat shortcrust pastry lebih mudah pecah.

Meski demikian, shortcrust sering kali di gunakan untuk membuat aneka macam makanan hits agar hasilnya enak dan teksturnya seimbang. Di samping tekstur yang renyah dan cenderung rapuh, shortcrust juga cocok di gunakan sebagai bahan dasar pembuatan masakan manis maupun gurih karena rasanya cenderung agak tawar.

2. Bahan pembuatan shortcrust pastry

Dalam pembuatan shortcrust pastry, bahan-bahan yang di pakai lebih sederhana dan mudah di temukan dari beberapa pastri lain. Bahan tersebut yang menyebabkan tekstur dari shortcrust pastry berbeda dari beberapa pastri populer lainnya, seperti choux atau puff pastry.

Di lansir The Spruce Eats, umumnya pembuatan shortcrust memerlukan bahan baku dari tepung terigu, mentega dingin, air, dan sejumput garam. Jenis tepung yang di gunakan juga adalah tepung terigu protein sedang atau rendah. Bahan ini di pakai karena tidak mengeluarkan gluten berlebih pada saat di handle.

Dengan begitu, nantinya shortcrust akan cenderung rapuh seperti biskuit. Namun tidak lantas mengurangi kelezatan bahan tersebut saat di jadikan komponen utama pembuatan hidangan tertentu.

3. Penggunaan shortcrust pastry

Shortcrust pastry adalah adonan simpel yang serbaguna karena bisa di gunakan untuk macam-macam pembuatan makanan populer, seperti berikut ini:

  • Pai manis adalah sajian yang sangat di gemari oleh anak-anak sampai orang dewasa. Hidangan ini memiliki isian berupa krim custard, vla, buah, dan sejenisnya. Shortcrust cocok untuk base pembuatan pai karena teksturnya yang tidak terlalu flaky.
  • Quiche merupakan salah satu hidangan sejenis pai yang di isi menggunakan filling asin atau gurih. Biasanya bahan isian yang di gunakan terdiri dari adonan telur, susu, daging, dan sayuran. Base-nya bisa di buat menggunakan shortcrust.
  • Tart adalah sajian unik yang mirip-mirip dengan pai. Isiannya bisa berupa sesuatu yang manis maupun asin, sehingga base-nya juga pas kalau di buat menggunakan shortcrust.

Selain tiga jenis hidangan populer ini, masih banyak makanan lain yang dapat di buat menggunakan pastri tersebut, tergantung kreativitas dan keseimbangan tekstur yang hendak kamu peroleh dalam pembuatan makanan tertentu.

Baca Juga:Keren-Keren Mobilnya Lho Guys! Daftar Harga Mobil Baru Dibawah Rp 100 Juta, Apakah Ada?Coocaa 32 Inch Smart TV: Hadir dengan Fitur Canggih untuk Pengalaman Menonton yang Lebih Baik

4. Tips membuat shortcrust pastry homemade

Tips dalam membuat shortcrust pastry juga harus di perhatikan dengan baik supaya hasilnya bagus dan tahan lama, seperti berikut ini.

  • Meskipun opsional, tetapi menggunakan lemak yang dingin (mentega) sangatlah penting. Sebab penggunaan mentega dingin akan memperoleh tekstur renyah dan rapuh yang tepat pada shortcrust.
  • Penggunaan sedikit garam pada adonan bisa membuat rasa pasa shortcrust lebih meningkat, tetapi teksturnya tidak lantas berubah saat di masak.
  • Jika ingin shortcrust kamu tidak terlalu rapuh, maka jangan gunakan mentega 100%. Tetapi tambahkan juga margarin supaya kulit semakin set dan kokoh.
  • Tidak seperti membuat roti, menguleni adonan shortcrust tidak perlu sampai kalis. Asal semua bahan tercampur rata, kulit bisa segera di gunakan.
  • Saat hendak di pakai, pastikan shortcrust yang sudah menempel di loyang di tusuk-tusuk pakai garpu. Fungsinya adalah untuk membuat teksturnya merata dan bentuk kulit tidak mengembung di beberapa bagian.

5. Perbedaan shortcrust pastry dan puff pastry

Shortcrust pastry dan puff pastry tidak sama. Perbedaan shortcrust dan puff pastry cukup mencolok dan bisa kamu jumpai pada komposisi bahan, tekstur, serta peruntukkan dalam pembuatan hidangan tertentu. Shortcrustcenderung rapuh dan renyah, sedangkan puff pastry lebih ringan, flaky, dan garing.

Dalam proses pembuatan pastry, bahan yang di pakai lebih simpel dan cara membuatnya tinggal di campur-campur. Sementara untuk puff pastry, kamu wajib menggunakan lemak laminasi seperti korsvet atau butter sheet yang nantinya akan di gilas dengan metode lipat untuk menciptakan lapisan-lapisan renyah.

Meski begitu, biasanya puff pastry sering menggantikan shortcrust pastry dalam pembuatan pie atau tart. Sebab puff pastry lebih sering di jual dalam kemasan instan.

Shortcrust pastry adalah salah satu sajian yang cukup populer di dunia baking. Bahan ini termasuk salah satu pastri simpel yang memiliki pengaruh kuat, lantaran kerap di gunakan dalam pembuatan aneka pai dan tart, supaya hasilnya maksimal.

0 Komentar