Jika Dibiarkan Akan Menjadi Gangguan Mental! Berikut Ini 5 Cara Mengatasi Overthinking Supaya Pikiran Kamu Lebih Tenang

ners.unair.ac.id
ners.unair.ac.id
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Terkadang berpikir ini menjadi salah satu hal yang esensial bagi manusia. Tetapi jika kamu terlalu berlebihan atau overthinking justru bisa berdampak negatif pada kesehatan mental diri sendiri. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui beberapa cara untuk mengatasi agar tidak overthinking.

Overthinking merupakan kebiasaan yang tidak sehat yang biasanya menyebabkan stres karena terlalu berfokus pada hal negatif. Kamu juga terlalu memikirkan masa lalu dan mengkhawatirkan masa depan. Bukannya memecahkan masalah, kamu hanya akan merenungkan suatu masalah tanpa menemukan solusinya. Berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi Overthinking.

Cara untuk Mengatasi Overthinking

1. Alihkan Perhatian

Kamu bisa mengalihkan perhatian kamu sebentar. Dengan mengalihkan perhatian sebentar bisa memberi kamu istirahat. Hal ini juga mungkin bisa membuat pikiran kamu terfokus pada sesuatu yang lebih produktif. Otak pun mungkin akan mengembangkan solusi untuk kamu ketika berhenti memikirkan masalahnya.

Baca Juga:Dikenal Terlalu Blak-blakan dan Jujura, Ini Dia 5 Zodiak Paling Polos – Adakah Zodiak Kamu?Pilihan yang Cocok untuk Mobil Keluarga, Tampil Tangguh dan Gagah Dari Hyundai Santa FE – Selengkapnya Spesifikasi dan Harga

2. Tantang Pikiran Negatif

Setiap pikiran yang kamu miliki tidak akan selalu benar, akurat, atau bahkan realistis. Di saat kamu dengan mendapati diri terlalu banyak berpikir, tantang pikiran-pikiran ini. Tanyakan pada diri kamu sendiri apakah hal ini realistis. Belajarlah untuk mengganti pikiran negatif dengan yang lebih bermanfaat.

3. Meditasi

Cara yang lainnya ini dengan meditasi bisa menjadi alat yang sangat baik untuk mengarahkan pikiran kamu ke hal yang lebih positif. Tujuan dari meditasi ini ialah bukan untuk menjernihkan pikiran, melainkan untuk memfokuskannya pada sesuatu hal. Seiring berjalannya waktu, kamu akan merasa jauh lebih mudah untuk berhenti berpikir berlebihan.

4. Latih Penerimaan Diri

Perlu kamu ketahui bahwa Overthinking ini sering kali berasal dari memikirkan kesalahan masa lalu atau mengkhawatirkan hal-hal yang tidak bisa kamu ubah. Dari pada kamu membenci diri sendiri untuk hal-hal yang mungkin kamu sesali, cobalah untuk bisa menerima di sendiri.

5. Terapi

Cara mengatasi overthinking ini ternyata bisa juga dengan terapi. Overthinking mungkin merupakan gejala dari masalah kesehatan mental, seperti depresi atau gangguan kecemasan. Ternyata overthinking juga bisa meningkatkan kerentanan kamu untuk mengembangkan masalah kesehatan mental.

***

0 Komentar