Bahaya! Ini Dampak Burukk Minum Soda Setiap Hari Yang Perlu Diketahui

sumber:cnnindonesia.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV Meneguk minuman bersoda memang menyegarkan. Namun Anda perlu hati-hati, ada banyak bahaya minuman bersoda yang perlu di ketahui.

Salah satunya adalah diabetes, sebagaimana yang di alami aktris Suti Karno. Pemeran Atun dalam sinetron Si Doel ini mengaku bahwa dulunya hampir setiap hari ia meminum minuman bersoda tanpa di imbangi asupan air putih yang cukup.

Padahal, soda sejatinya tak bisa di jadikan pengganti air putih sebagai pengusir dahaga karena bisa berdampak buruk untuk tubuh. Gara-garanya kandungan gula dan zat-zat buatan lainnya yang ada di dalam minuman bersoda.

Baca Juga:Rekomendasi Wisata Pemandian Air Panas di Garut, Wajib Kalian CobaFitur Terbaru Mobil Mitsubishi Xpander 2023 Dengan Tampil Baru dan Teknologi Canggih

1. Merusak gigi

Minuman bersoda mengandung asam fosfat dan asam karbonat. Dua senyawa itu meningkatkan asam di dalam mulut yang membuat gigi rentan membusuk. Kombinasi soda dengan gula juga dapat membuat kerusakan gigi semakin parah.

2. Merusak ginjal

Ilustrasi. Ginjal yang rusak, salah satu bahaya minuman bersoda. (iStockphoto)Soda juga dapat membahayakan ginjal, terutama jika Anda seorang wanita yang meminum lebih dari satu botol minuman bersoda setiap hari.

Hal ini di temukan dalam sebuah studi. Kelompok wanita yang meminum lebih dari satu botol minuman bersoda setiap hari mengalami penurunan fungsi ginjal 30 persen lebih besar di bandingkan mereka yang tidak mengonsumsi minuman bersoda.

3. Kesehatan hati terganggu

Organ hati terlibat langsung dengan metabolisme gula dari minuman bersoda. Pemanis utama dalam soda, yakni sirup jagung fruktosa yang tinggi meningkatkan produksi lemak di hati.

Hal ini berarti minum soda setiap hari dapat meningkatkan jumlah lemak yang di produksi di hati. Kondisi ini bisa memicu penyakit hati berlemak non-alkohol (NAFLD) atau disebut perlemakan hati.

4. Membuat tulang rapuh

Selain gigi, soda juga dapat membahayakan kesehatan tulang. Ahli nutrisi mengatakan bahwa minuman bersoda dapat meningkatkan risiko osteoporosis.

Banyak dari minuman bersoda mengandung fosfor yang meningkatkan ekskresi kalsium dari urine. Selain itu, kafein dalam minuman bersoda dapat mengganggu penyerapan kalsium dan menyebabkan pengeroposan tulang jika sering di minum

0 Komentar