Panas-panas Gini Enaknya Makan Semangka : Ketahuilah! Ini Dia Manfaat Semangka untuk Kesehatan

Sumber: bukalapak
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Buah semangka adalah satu buah favorit banyak orang. Banyak airnya dan manis rasanya. Nah, inilah beberapa manfaat semangka untuk kesehatan.

1. Mencegah dehidrasi

Mari kita mulai dengan yang paling sederhana. Semangka membantu Anda menghindari dehidrasi. Kandungan air yang kaya pada buah semangka mampu menggantikan cairan tubuh saat dibutuhkan. Ini pula yang menjadi alasan mengapa semangka dianjurkan dimakan panas-panas.

Semangka mengandung elektrolit dan membuat Anda langsung merasa segar setelah haus. Selain itu, semangka memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga membantu rasa kenyang setelah memakannya.

Baca Juga:Manfaat Teh Jati Cina Yang Bagus Untuk Kesehatan – Sudah Tahu?Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan ! Ini Dia Manfaat Sari Kurma Yang Harus Kamu Ketahui

2. Meringankan asma

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan gangguan pernapasan pada penderita asma. Segera minum semangka untuk mencegah gejala tersebut bertambah parah. Semangka juga sangat tinggi vitamin C sehingga mampu meredakan gejala asma berupa sesak napas.

Di sisi lain, vitamin C pada semangka juga memenuhi kebutuhan harian tubuh. Tidak perlu takut untuk banyak mengonsumsi buah semangka, karena vitamin C yang terkandung di dalamnya akan keluar saat sudah tidak diperlukan lagi.

3. Meningkatkan kualitas sperma

Bagi para pria, semangka merupakan buah yang patut dikonsumsi. Buah berwarna merah ini mengandung vitamin B12 dan asam folat yang membantu meningkatkan kualitas sperma. Nutrisi tersebut juga membuat sperma lebih aktif dan mengurangi risiko impotensi. Sperma berkualitas baik lebih cepat menemukan sel telur. Dengan cara ini kemungkinan terjadinya pembuahan lebih besar.

4. Menjaga kesehatan prostat

Menurut penelitian, kandungan likopen pada semangka mampu mengurangi risiko kerusakan jaringan prostat. Konsumsi semangka secara teratur sudah cukup untuk mendapatkan manfaatnya. Likopen merupakan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Mengonsumsi semangka juga dapat menjaga kesehatan prostat lebih lama.

5. Menyuburkan kandungan

Bagus untuk pria, bagus juga untuk wanita. Mereka yang sedang menjalani program hamil juga disarankan untuk mengonsumsi semangka. Kandungan asam folatnya mampu membuat sel telur lebih subur dan siap untuk dibuahi.Tak sampai situ saja, semangka juga bisa melindungi janin di awal kehamilan. Nilai gizi semangka juga dapat menurunkan risiko cacat lahir pada bayi. Pembuatan jus semangka juga bermanfaat untuk kemudahan konsumsi.

0 Komentar