Content Creator Se-Jawa Barat Sukseskan Acara Penguatan Pancasila Bersama BPIP

acara penguatan pancasila
acara penguatan pancasila oleh BPIP/dokumentasi foto pribadi
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Cirebon, 4/4/2024 telah terlaksana acara pembekalan content creator dan content writer. Acara ini dilaksanakan di Studio Kaliandra, Graha Pena Radar Cirebon dengan jumlah peserta ratusan se-Jawa Barat. 

Acara ini mengusung tema “FYP (For Your Pancasila)” dimana nilai-nilai Pancasila harus diterapkan oleh generasi muda dengan cara terkini.

Selanjutnya acara ini bertujuan sebagai penguatan publikasi peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024. Berbagai acara dilaksanakan yakni ngobrol, ngabuburit dan ngonten. 

Baca Juga:Mengoptimalkan Kesehatan Kulit Melalui Pola Makan Sehat: Rekomendasi Makanan yang Mendukung Kecantikan AlamiMenjadi Tanggung Jawab Bersama – Ini Dia Permasalahan Kualitas Pendidikan di Indonesia

Pancasila adalah dasar falsafah dan ideologi negara Indonesia yang terdiri dari lima asas atau nilai pokok yaitu,

Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Pancasila menjadi landasan bagi berbagai aspek kehidupan masyarakat Indonesia, termasuk dalam pembangunan negara, pembentukan hukum, dan pengaturan kehidupan sosial.

Dr. Mahnan Marbawi MA, yang menjabat sebagai Kepala Biro Fasilitasi Pimpinan, Hubungan Masyarakat, dan Administrasi di BPIP, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya untuk memperkuat penyebaran informasi terkait peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024.

Tanggung jawab penguatan ideologi Pancasila bukan hanya tanggung jawab Pemerintah semata. Akan tetapi tanggung jawab bersama terutama generasi muda penerus bangsa. 

Kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan ideologi Pacasila dengan cara terkini sesuai perkembangan zaman. Disampaikan materi oleh Antonius Benny Susetyo yakni tentang Orientasi Teori Kehumasan dan Protokol.

“Pancasila bukan lagi doktrin tapi nilai tentang kemanusian, bela rasa, kebersamaan, gotong royong, dan saling menghargai perbedaan/toleransi.” Tuturnya.

Baca Juga:Tantangan dan Permasalahan Guru di Indonesia: Memahami Hambatan dan SolusiAngka Putus Sekolah Masih Tinggi : Ini Dia Solusi untuk Mengatasi Angka Putus Sekolah di Indonesia

Saat ini tantangan pancasila sangat beragam. Tentunya generasi muda harus paham betul ideologi dan nilai-nilai dari Pancasila itu sendiri bukan hanya hapal 5 sila saja. Banyak sekali nilai-nilai Pancasila yang bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. 

Antonius Benny Susetyo mengatakan “content creator harus bisa memilih dan memilai konten yang bersifat edukasi dan mana yang hanya sensasi”. Content creator mempunyai tugas dan tanggung jawab besar untuk memberikan dampak positif tentang nilai-nilai Pancasila. Pancasila merupakan tanggung jawab bersama antara Pemerintah, BPIP, masyarakat, dan tak lupa generasi muda.

 

 

 

0 Komentar