Partisipasi Pemilih Alami Peningkatan Pada Pemilu, KPU: Modal Kepercayaan di Pilkada

KPU Kota Cirebon optimis partisipasi pilkada 2024 akan meningkat
KPU Kota Cirebon optimis partisipasi pilkada 2024 akan meningkat
0 Komentar

RADARCIREBON.TV, CIREBON – Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 di Kota Cirebon menunjukan kenaikan dalam partisipasi pemilih, yang mencerminkan kesadaran dan keterlibatan aktif masyarakat dalam proses demokrasi. Secara umum partisipasi pemilih mencapai 83,44% dengan rincian Pemilihan Presiden 83,90%, DPD RI 83, 59%, DPR RI 83,29%, DPRD Provinsi 83,29% dan DPRD Kota/Kabupaten 83,11%. Ini tentu menjadi bekal KPU Kota Cirebon dan jajarannya untuk terus meningkatkan partisipasi pemilih, khususnya menghadapi Pilkada Serentak 27 November 2024 mendatang.

Atas hal itu, Kordiv Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM (Sosdiklih, Parmas dan SDM) KPU Kota Cirebon, Hasan Basri SH menegaskan, peningkatan ini merupakan hasil dari berbagai upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kesadaran politik dan partisipasi masyarakat.

“Kami sangat gembira melihat peningkatan partisipasi pemilih pada Pemilu Tahun 2024 di Kota Cirebon. Berdasarkan data yang kami peroleh, terdapat kenaikan dalam jumlah pemilih yang menggunakan hak pilih mereka dibandingkan dengan Pemilu sebelumnya. Tentu ini menjadi bekal kami untuk terus bekerja keras menghadapi Pilkada Serentak 2024 ini,” ungkap Hasan Basri.

Baca Juga:Ragam Kegiatan Indocement di Bulan Suci Ramadan 1445 HIrfan Nur Alam Mangkir, Satu Tersangka Korupsi Pasar Sindang Majalengka Kasih Ditahan Kejati Jabar

Menurut Hasan Basri, peningkatan partisipasi ini dapat dikaitkan dengan berbagai faktor, termasuk kampanye yang lebih intensif dari berbagai pihak, sosialisasi yang lebih luas tentang pentingnya hak suara, dan penggunaan teknologi informasi dan media sosial untuk menyebarkan informasi tentang proses Pemilu.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat, termasuk partai politik, lembaga swadaya masyarakat, dan media massa, atas kontribusi mereka dalam meningkatkan partisipasi pemilih. Keterlibatan aktif masyarakat dalam proses demokrasi sangat penting untuk menciptakan pemilihan yang berkualitas dan representatif,” tambah Kang Bas sapaan akrab Hasan Basri.

Kang Bas juga menekankan, pentingnya terus mendorong partisipasi pemilih yang tinggi di masa yang akan datang. “Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan sosialisasi dan edukasi tentang hak suara serta pentingnya pemilu bagi masa depan demokrasi kita. Dengan demikian, kami berharap partisipasi pemilih yang tinggi akan menjadi ciri khas dari Pemilu di Kota Cirebon,” terangnya.

Dengan demikian, kata dia, peningkatan partisipasi pemilih pada Pemilu Tahun 2024 di Kota Cirebon menjadi bukti nyata akan semakin matangnya kesadaran politik dan keterlibatan aktif masyarakat dalam menjaga dan memperkuat demokrasi di tingkat lokal. (*)Bokat kuh transferanšŸ¤£

0 Komentar