Wajib Tahu ! Inilah Daftar Universitas di Jawa Timur Terbaik

UB
Kampus terbaik di Jawa Timur/ Antaranews.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Jawa Timur adalah provinsi yang kaya akan potensi di bidang pendidikan. Wilayah ini dihuni oleh beberapa universitas ternama yang diakui baik di tingkat nasional maupun internasional, termasuk Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Brawijaya, serta institusi pendidikan lainnya seperti Universitas Negeri Surabaya.

Tidak hanya perguruan tinggi, Jawa Timur juga memiliki sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan yang menawarkan pendidikan berkualitas tinggi. Pemerintah setempat aktif mempromosikan peningkatan pendidikan melalui berbagai inisiatif, seperti Gerakan Literasi Sekolah dan Program Peningkatan Kualitas Sekolah, serta fokus pada pelatihan dan pengembangan untuk guru.

Selain itu, Jawa Timur berpotensi dalam sektor teknologi dan industri kreatif, memberikan ruang untuk pendidikan vokasi dan teknologi. Kehadiran universitas-universitas ini telah menjadikan Jawa Timur sebagai destinasi utama bagi banyak pelajar yang ingin melanjutkan studi.

Baca Juga:Ini Dia Kampus Terbaik di Malang 2024 Versi UniRank – Adakah Kampus Impian Kamu?Rekomendasi Kampus Terbaik di Yogyakarta – Kampus Dengan Fasilitas Lengkap

Universitas Airlangga (Unair atau UA)

Terletak di Surabaya, Jawa Timur, Universitas Airlangga adalah sebuah institusi pendidikan tinggi negeri yang didirikan pada 10 November 1954, bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan ke-9. Menurut peringkat QS World University Ranking tahun 2021, Unair berada di posisi keempat sebagai universitas terbaik di Indonesia.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Institut Teknologi Sepuluh Nopember, yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur, didirikan pada 10 November 1957 oleh Yayasan Perguruan Tinggi Teknik (YPTT) di bawah kepemimpinan dr. Angka Nitisastro. ITS memiliki tujuan awal untuk menghasilkan pemimpin yang unggul di bidang sains dan teknologi untuk membantu Indonesia menjadi negara yang maju. Kampus utamanya, ITS Sukolilo, menempati area seluas 180 hektar dengan luas bangunan 150.000 m^2. ITS juga mengoperasikan Kampus Manyar dan Kampus Cokroaminoto yang menawarkan program diploma dan magister.

Universitas Brawijaya (UB)

Didirikan pada tahun 1963 di Malang, Jawa Timur, Universitas Brawijaya diresmikan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan No. 1 tanggal 5 Januari 1963, yang juga menjadi Dies Natalis UB. Diberi nama oleh Presiden Soekarno, UB diharapkan dapat bersinar seperti Raden Wijaya, pendiri Kerajaan Majapahit, dan menjadi kebanggaan Indonesia.

Universitas Kristen Petra (UK Petra)

Universitas Kristen Petra, yang terletak di Surabaya, Jawa Timur, didirikan pada tahun 1961 oleh yayasan pendidikan Kristen, PPPK Petra, yang sudah ada sejak 1951. Nama “Petra,” yang berarti “Batu Karang” dalam bahasa Yunani, dipilih untuk menggambarkan keteguhan dan ketahanan lembaga ini.

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang)

UIN Malang, yang berlokasi di Malang, Jawa Timur, diberi nama menurut Maulana Malik Ibrahim, yang dikenal sebagai Sunan Gresik dan salah satu dari Walisongo. Sebagai institusi yang berfokus pada pendidikan berbasis Islam, UIN Malang dikenal sebagai salah satu universitas Islam terbaik di Indonesia dan telah meraih berbagai penghargaan.

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Berdiri pada tahun 1964 di bawah naungan Muhammadiyah, Universitas Muhammadiyah Malang merupakan perguruan tinggi swasta terkemuka di Jawa Timur. UMM, yang memiliki akreditasi “Unggul” dan beroperasi di tiga kampus di Malang, dikenal sebagai “kampus putih” karena warna bangunannya.

Universitas Negeri Malang (UM)

Universitas Negeri Malang, dulu dikenal sebagai Perguruan Tinggi Pendidikan Guru Malang sejak didirikan pada 18 Oktober 1954, berganti nama menjadi IKIP Malang pada 1964 dan bertahan hingga 1999. Sebagai salah satu IKIP tertua di Indonesia, UM terletak di Malang dan Blitar, Jawa Timur.

0 Komentar