Menjaga Daya Tahan Tubuh dengan Mengonsumsi Air Rebusan Kayu Manis !

foto
foto/Manfaat kayu manis (www.klikdokter.com)
0 Komentar

Radarcirebon.TV– Sering kita mendengar nama kayu manis dan sering kita di setiap makanan.

Kayu manis merupakan jenis rempah yang lezat dan memiliki aroma yang khas, Selain umum di manfaatkan sebagai bumbu masak.

Kayu manis juga bisa di olah menjadi minyak esensial atau salah satu pilihan tanaman pengusir nyamuk dan obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit dan masalah kesehatan.

Baca Juga:Selain Bahan Makan Hewani Ternyata Ada bahan Makan Hewani Yang Harus di Butuhi.2 Bahan Makanan Hewani yang Banyak Di Butuhkan Oleh Tubuh.

Ada banyak manfaat kayu manis bagi kesehatan tubuh, mulai dari mengurangi peradangan hingga mengatasi infeksi bakteri dan jamur.

Meski demikian, tanaman herbal ini juga memiliki efek samping. Agar lebih aman mengonsumsi kayu manis, yuk, kenali apa saja manfaat.

Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat kayu manis untuk kesehatan yang pertama adalah dapat membantu menurunkan berat badan.

Senyawa yang terkandung di dalam kayu manis di ketahui dapat membantu meningkatkan proses metabolisme sehingga bisa memaksimalkan pembakaran lemak di dalam tubuh. 

Selain itu, tanaman rempah ini juga di percaya dapat membantu mengendalikan nafsu makan serta mengoptimalkan proses pencernaan lemak dan karbohidrat di dalam tubuh.

2. Meredakan Nyeri Haid

Manfaat rebusan kayu manis berikutnya, yaitu dapat meredakan nyeri haid. Hal ini di karenakan kayu manis.

Mengandung senyawa yang bersifat antispasmodik sehingga dapat memberikan efek relaksasi pada otot rahim yang berkontraksi selama periode menstruasi.

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh 

Baca Juga:Yuk Ukur Porsi Makan Ideal dalam Kehidupan Sehari Hari Kita !4 Gejala Kurang Gizi atau Malnutrisi pada Anak anak ! Cari tahu Yuk Disini.

Karena mengandung berbagai senyawa antioksidan, seperti polifenol dan proantosianidin, kayu manis di percaya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, tanaman rempah ini juga di perkaya dengan senyawa yang bersifat antimikroba sehingga.

Dapat meminimalkan risiko terjadinya infeksi yang bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.

4. Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah pada Penderita Diabetes 

Di lansir dari jurnal Diabetes Research and Clinical Practice (2019), kayu manis merupakan bumbu rempah yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah puasa pada pasien prediabetes dan di abetes tipe 2.

Sebab, rempah tersebut dapat membantu meningkatkan sensitivitas hormon insulin yang berfungsi untuk mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh.

Namun, masih  di perlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas kayu manis dalam mengontrol kadar gula darah penderita diabetes.

5. Mengurangi Risiko Infeksi Gigi dan Mulut

Manfaat kayu manis selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan gigi dan rongga mulut secara menyeluruh.

Menurut penelitian yang  di publikasi pada jurnal kesehatan internasional Molecules (2020), kayu manis.

Mengandung senyawa yang bersifat antimikroba, seperti linalool, eugenol, cinnamaldehyde, dan alfa-terpineol sehingga dapat membasmi mikroorganisme penyebab karies gigi dan kandidiasis oral.

Selain itu, tanaman rempah ini juga dapat membantu melawan bakteri P. gingivalis yang dapat menyebabkan infeksi pada gusi (periodontitis).

6. Megi Efek Peradangannguran

Karena mengandung senyawa yang bersifat antiinflamasi dan antioksidan, air rebusan kayu manis dapat di konsumsi untuk membantu meredakan efek peradangan di dalam tubuh.

Senyawa antiinflamasi tersebut akan bekerja dengan cara meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh untuk membantu menghambat peradangan serta menangkal efek radikal bebas.

Hal inilah yang membuat air rebusan kayu manis juga berkhasiat dalam meminimalkan risiko terjadinya kanker serta penyakit neurodegeneratif.

7. Meminimalkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Salah satu manfaat kayu manis yang sayang jika di lewatkan yaitu bisa membantu meminimalkan risiko penyakit kardiovaskular.

Sebab, kayu manis mengandung cinnamic acid dan cinnamaldehyde yang bisa membantu menstabilkan tekanan darah serta memberikan efek relaksasi pada pembuluh darah.

Dengan begitu, aliran darah pun menjadi lebih lancar sehingga membantu mengurangi risiko terjadinya hipertensi.

Selain itu, kayu manis juga di percaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan lemak di dalam darah yang bisa meminimalkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner.

8. Meredakan Gangguan Sistem Pencernaan

Konsumsi air rebusan kayu manis secukupnya juga di percaya dapat membantu meredakan gangguan sistem pencernaan, seperti gastritis atau peradangan pada dinding lambung. 

Untuk mengoptimalkan manfaat tersebut, di sarankan untuk merebus kayu manis bersama dengan akar manis (licorice)

9. Meminimalkan Risiko Perburukan Kondisi pada Penderita HIV/AIDS

Manfaat kayu manis berikutnya yaitu dapat meminimalkan risiko perburukan kondisi pada penderita HIV/AIDS.

Kayu manis, terutama yang berjenis Cassia mengandung senyawa polifenol yang di percaya bisa membantu melawan infeksi virus HIV-1.

Namun, masih di butuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan khasiat kayu manis ini.

Demikian sedikit informasi mengenai manfaat kayu manis yang sering kita gunakan dalam setiap masakan ternyata memiliki manfaat yang suku banyak dan bagus bagi kesehatan tubuh kita.

 

0 Komentar