Danau Kelimutu di NTT Mengalami Perubahan Warna, Apa yang Menyebabkan Hal Itu Terjadi? Simak Informasinya

kelimutu
Danau Kelimutu Berubah Warna (Dok. BTNK Kelimutu)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Danau Kelimutu merupakan salah satu kawasan alam yang berada di Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Konon, danau ini disebutkan jika mengalami perubahan warna. Adapun perubahan warna tersebut terjadi selama dua kali di waktu yang berbeda.

Informasi ini seperti yang dirangkum dari Antara News, disebutkan jika Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, menyebutkan terjadi perubahan warna air Kawah 1 (Tiwu Ata Polo) di Danau Kelimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menurut Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid dalam keterangan resmi yang diterima di Kupang, Kamis, yang dikutip dari Antara News, dikatakan jika pada tanggal 17 Mei 2024 air kawah berubah berwarna hijau tua, pada tanggal 22 Mei 2024 terjadi perubahan warna menjadi cokelat kehitaman.

Baca Juga:Hati-hati! Inilah Sejumlah Penyakit Berbahaya yang Disebabkan Oleh NyamukUsir Nyamuk dengan Menggunakan Bahan Alami Ini Agar Terhindar dari Gigitan dan Infeksi Penyakit

Ada tiga danau kawah yakni Kawah 1 (Tiwu Ata Polo), Kawah 2 (Tiwu Koofai Nuwamuri), dan Kawah 3 (Tiwu Ata Bupu). Perubahan warna air danau kawah di Kawah 1 (Tiwu Ata Polo) terjadi pada bulan Desember 2018-Januari 2019 yakni dari hijau kebiruan menjadi hijau, lalu berubah menjadi hijau tua dan kembali menjadi hijau.

Kemudian, di tanggal 17 Mei 2024, air kawah berubah berwarna hijau tua. Namun kemudian berubah warna menjadi coklat kehitaman dalam kurun waktu beberapa hari kemudian dengan bualan air teramati di permukaan air kawah.

Terdapat faktor yang menyebabkan adanya perubahan warna air danau. Beberapa faktor tersebut diantaranya yaitu curah hujan yang tinggi maupun kemungkinan perubahan komposisi air danau akibat dari pelarutan batuan. Terjadinya hal itu, membuat warna air kawah berubah menjadi kebiruan, kehijauan, atau cokelat kehitaman.

Walaupun demikian, faktor yang menjadi pemicu berubahnya warna air danau, konon belum diketahui secara pasti. Entah disebabkan karena pengenceran, perubahan suhu atau pengaruh konveksi naiknya gas dari bawah permukaan.

0 Komentar