7 Manfaat Sifat Tawakal Untuk Diri Pribadi Kita,Yuk Apa Saja Itu ??

Foto
Foto/Tawakal (www.gurupendidikan.co.id)
0 Komentar

RadarCirebon.Tv– Belajar Hidup tidak selalu gampang dan mudah, manusia tidak selalu menyenangkan dan tidak selamanya pula akan berjalan hanya pada kesulitan.

Untuk menjalani semua itu di butuhkan jiwa yang kuat , tidak mudah menyerah dan pantang untuk mundur karena gagal.

Hidup manusia tidak selalu menyenangkan dan tidak selamanya pula akan berjalan hanya pada kesulitan.

Baca Juga:Global Build Your Dreams (BYD), Resmi Meramaikan Pasar Kendaraan listrik Di Tanah Air.Global Build Your Dreams (BYD), Resmi Meramaikan Pasar Kendaraan listrik Di Tanah Air.

Untuk menjalani semua itu di butuhkan jiwa yang kuat , tidak mudah menyerah dan pantang untuk mundur karena gagal.

1. Dijamin Kemudahan dunia dan akhirat

Dengan berbekal sifat tawakal maka seseorang di jamin oleh Allah SWT akan selalu di berikan ke jalan kemudahan di dunia dan di khirat berapapun besarnya kesusahan yang sedang dijalaninya.

Firman Allah SWT:

“Barang siapa yang bertawakal kepada allah niscaya dia akan membukakan jalan keluarnya dan dia memberikan rejekinya dari arah yang tidak di sangka sangka. dan barang siapa yang bertawakal kepadanya kepada allah niscaya allah akan mencukupkan keperluannya. Sesungguhnya allah melaksanakan tugasnya, sungguh dia telah mengadakan ketentuan bagi setiap.” (Qs, Ath-thalaq:1-2)

2. Mudah beradaptasi dengan masalah apapun

Seseorang yang memiliki sifat tawakal akan mudah beradaptasi dengan masalah yang seberat apapun tanpa mudah menangis dan jauh dari prasangka buruk pada allah SWT hanya karena merasa diri tidak berharga.

Sifat tawakal dapat membuat seseorang menjadi berhati sabar dan mampu bangkit kembali dari kegagalan.

Dalam hadist diriwayatkan bahwa:

“Tawakal pada allah adalah sumber pertolongan pada setiap kelicikan dan kejahatan dari musuhmu dan diberikan perlindungan dari apapun bentuk lawanmu.” (Al-majilsi, bihar al-anwar. vol 56 hal 79)

3. Tawakal dapat mempertebal iman dan tidak mudah putus asa

Tawakal dapat merubah sifat egois atau mudah menyerah menjadi lebih sabar dan dapat pula mempertebal iman serta membuat seseorang ingin selalu berterimakasih ( bersyukur )  pada allah SWT atas apa yang telah di berikan selama ini.

Baca Juga:Jangan Lupa Nikmatin 7 Makanan Legendaris Khas Kota Surabaya ! Ojolali Yah.2 Jenis Baju Adat Betawi Yang Sering Dipakai Oleh Orang banyak !

Maka dari itu sebaik baiknya orang yng beriman adalah yang mempunyai sifat tawakal.

Diriwayatkan dalam hadist bahwa:

 “Semangatlah kalian terhadap hal hal yang bermanfaat bagi kaalian dan mohonlah pertolongan kepada allah.” (HR. Muslim 2664)

4. Tawakal dapat membuat seseorang menjadi lebih mandiri

Seacara tidak langsung sifat tawakal dapat menjadikan seseorang menjadi lebih mandiri dan dewasa dalam menyelesaikan masalah dunia yang sedaang di hadapinya tanpa harus merugikan pihak manapun.

Sifat tawakal dapat menjadikan seseorang mampu memahami kekurangan dan kelebihan atas apa yang telah allah berikan, kondisi ini dapat membuat seseorang menjadi lebih bisa untyk mrenghargai kekurangan orang lain.

Diriwayatkan dalam hadist bahwa:

“Hendaklah hanya kepada allah sajalah orang mukmin itu bertawakal, Dan bertawakalah kepada allah yang maha hidup (abadi) yang tidak akan pernah binasa. maka bertasbihlah atas namanya dan pujilah dia.” (QS. Al-furQan:58)

5. Allah akan mencukupkan rejeki

Allah SWT akan mencukupkan segala kerbutuhan dan kepuasan batin bagi  seseorang yang bertawakal semata mata karena allah setelah dia berusaha dan berikhtiar  dengan hati yang bersih dan sabar.

Bertawakal setelah melaksanakan ihktiar kepada allah SWT adalah sesuatu yang di sukai allah SWT dan akan di masukkan dalam golongan orang orang yang sabar dan berkecukupan dalam keadaan apapun. Firman Allah menyebutkan:

 “Sesungguhnya allah itu mencintai dan menyayangi orang orang yang bertawakal.” (Qs.Ali imran :159)

Dari umar bin khathab radhi yallahu’anhu, dari Rasullulah shallallahu alaihi wa salam berdabda dengan jelas bahwa:

“Seandainya kalian sungguh sungguh bertawaakal kepada allah, sesungguhnya allah akan memberi kalian rezeki sebagaimana allah memberikan rezeki kepada seekor burung yang pergi dalam keadaan perutnya yang lapar lalu kembali lagi tetapi dalam keadaan kenyang.” (HR. Imam ahmad, Tirmidzi, ibnu hibban serta Al hakim)

6. Di berikan kenikmatan yang tiada hentinya

Allah SWT akan memberikan nikmatnya berupa kesenangan dalam keadaan yang tidak di duga pada semua kaum muslim yang bertawakal hanya karena allah.

Seseorang yang mau bekerja dengan jalan kebaikan,  tidak pernah mengeluh akan pekerjaannya  dan selallu bertawakal ketika selesai berikhtiar maka akan kembali pula manfaat yang baik bagi dirinya tanpa dia duga duga sebelumnya.

Ada hadist yang berkaitan dengan masalah kesabaran seseorang dalam menjalankan pekerjaannya yang di lakukan atas jalan kebaikan dan tawakal:

“Bekerjalah kamu sekalian maka allah san rasullnya serta orang orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu. dan kamu akan di kembalikan kepada allah yang maha mengertahui segala yang ghaib dan yang nyata. Lalu diberikannya balasan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.” (QS. AT-taubah :105)

Sebagaimana firman Allah:

“Apapun kenikmatan yang di berikan padamu ,semua itu adalah kesenangan hidup yang bersifat dunia. Sedangkan apa pun kernikmatan yang ada disisi allah lebih baik dan kekal hanya untuk orang orang yang beriman yaang hanya bertawakal selama hidupnya semata mata karena allah SWT.” (QS. Asy-syuro :36)

7. Di kuatkan hati dan di jauhkan dari godaan syaitan

Seseorang yang bertawakal setelah berikhtiar karena allah SWT maka dalam hidupnya allah akan memberikan bantuan berupa dikuatkanya hati dan dijauhkan dari godaan syaitan. Seperti apa yang dikatakan dalam Firman allah:

“Sungguh, syaitan itu tidak berpengaruh terhadap orang ornag yang shaleh dan beriman dann bertawakal kepada tuhannya.”  (QS.An-nahl:99).

Walaupun rasa rasanya sangat sulit ya untuk berpasrah kepada sang maha pecipta dan rasanya sulit karena manusia mempunyai akal akan tetapi semoga kita bisa menjadi pribadi lebih baik dan bertawakal/

0 Komentar