Manfaatkan Peluang Usaha Mengolah Ikan Mata Goyang Tingkatkan Nilai Ekonomis

Manfaatkan Peluang Usaha Mengolah Ikan Mata Goyang Tingkatkan Nilai Ekonomis
0 Komentar

Peluang usaha memang harus diciptakan, dengan kreatifitas dan melihat situasi usaha yang ada, salah satunya seperti dilakukan pembuat olahan ikan mata goyang. Ikan tersebut belum banyak diketahui orang karena para nelayan menilai harga ikan tersebut jauh lebih rendah dari ikan yang sudah populer seperti ikan tongkol dan ikan jenis lainnya.

Padahal ikan jenis mata goyang hidup di sepanjang laut pantura dan setiap musim selalu ada namun karena harganya murah dibawah 20 ribu rupiah perkilogram banyak nelayan yang tidak menangkapnya sehingga untuk pasokan warga membeli di daerah perbatasan Brebes kabupaten Cirebon dari tengkulak.

Namun demikian dengan adanya potensi usaha salah satu warga Kedawung kabupaten Cirebon menyulap ikan tersebut menjadi olahan ikan yang memiliki harga jual tinggi dengan hasil olahan diantaranya berupa bakso ikan, lumpia, siomay dan lainnya.

Baca Juga:Diterjang Hujan Es Dan Angin Kencang Sejumlah Kios Pasar RusakPercantik Kampung Warteg Dengan Lukisan Tiga Dimensi Dan Mural

Olahan ikan ini sudah dijual ke wilayah III Cirebon untuk harga jual per satu pak dengan berat 1/4 kilogram. Semua produk hasil olahan dijual dengan harga 18 ribu rupiah. (Wahyu)

https://www.youtube.com/watch?v=OWb_KS6zjck

0 Komentar