Kista Coklat itu Apa, Berbahaya?

Kista Coklat
Ciri - ciri Penyakit Kista Yang Perlu Diwaspadai
0 Komentar

Kista Coklat Bisa atau Kista Endometriosis
Kista Coklat itu Apa, Berbahaya?

RADARCIREBON.TV – Kebanyakan orang mengetahui kista coklat adalah suatu penyakit yang tertanam dalam rahim. Dan tentunya penyakit kista coklat ini sangat di takuti oleh para wanita, karena penyakit kista coklat ini cukup berbahaya sebab terdapat pada rahim wanita.

Kista coklat atau biasa di sebut kista ovarium atau dalam bahasa kedokteran disebut kista endometriosis. Kista coklat merupakan penyakit organ reprudiksi wanita yang di definisikan sebagai adanya jaringan mirip dinding rahim yang tumbuh di luar rahim. Seperti di ovarium, tuba, leher rahim, dan berbagai organ lain seperti rektum ( usus besar ) dan dinding rahim.

Apa Penyebab Kista Coklat Itu?

Penyebab kista coklat biasanya terjadi akibat adanya kondisi endometriosis, warnanya berasal dari darah menstruasi dan jaringan yang terperangkap mengisi rongga kista. Adanya pertumbuhan berlebih dari lapisan ini menyebabkan rasa sakit yang parah dan terkadang terjadi kemandulan. Kista coklat bisa berbahaya karena dapat menyerang, merusak, dan mengambil alih jaringan ovarium yang sehat.

Baca Juga:Usulan Masa Jabatan Kuwu 9 TahunLantik Panitia Pemilihan Kuwu PAW

Ini menjadi ancaman serius bagi kesuburan karena kista coklat ini cukup sulit di obati dan operasi panggul yang di gunakan untuk mengontrol dan menghilangkannya dapat menyebabkan penurunan kesuburan.

Namun kista coklat bisa dicegah sengan mengatur pola hidup yang sehat sebagai bentuk perawatan pantangan makananan juga perlu diperhatikan.
Kista coklat ini didiagnosa oleh seorang profesional kesehatan perlu memeriksa jaringan bawah mikroskop. Dan akan merekomendasikan pengangkatan kista untuk di selidiki. Resiko penyakit kista coklat :
• Genetika. Orang yang dengan riwayat keluarga kista coklat lebih mungkin untuk mendapatkan kondisi ini.
• Aliran menstruasi retrograde. Terjadi ketika darah menstruasi mengalir kearah sebaliknya, naik ke tuba falopi alih alih keluar lewat vagina.
• Gangguan Kekebalan. Adanya masalah sistem kekebalan tertentu, terutama gangguan autoimun yang dapat menyebabkann kista coklat.
• Cedera. Kerusakan pada rakim atau struktur di sekitarnya berkorelasi dengan peningkatan risiko kista coklat. Cedera ini dapat terjadi seperti selama persalinan sesar.

Nah jadi itu tentang kista coklat yang ternyata cukup berbahaya bagi perempuan karena sangat mempengaruhi rahim. ( Fitroh Arofah Nur Islamiah )

0 Komentar