Sejarah Tahu Bungken, Pelopor Oleh-Oleh Tahu Sumedang Yang Paling Terkenal

tahu bungkeng
tahu bungkeng salah satu Tahu Sumedang Paling Terkenal
0 Komentar

tahu bungkeng salah satu Tahu Sumedang Paling Terkenal
Sejarah Tahu Bungken, Pelopor Oleh-Oleh Tahu Sumedang Yang Paling Terkenal

Sejarah Tahu Bungken, Pelopor Oleh-Oleh Tahu Sumedang Yang Paling Terkenal

RADARCIREBON.TV  – Tahu sumedang merupakan oleh-oleh yang wajib kmau bawa saat melewati kawasan sumedang. Siapa yang tidak mengenal tahu ini? tahu khas daerah sumedang ini ternyata sudah berusia lebih dari seabad! Artikel ini akan membahas Sejarah Tahu Bungken, Pelopor Oleh-Oleh Tahu Sumedang Yang Paling Terkenal.

Tahu merupakan makanan khas tionghoa yang biasa disebut oleh orang tiongkok doufu atau dibaca toufu. Tahu merupakan makanan yang biasa ada saat kumpul bersama keluarga atupun teman. Dahulu tahu dibawa dan diproduksi oleh orang tionghoa, salah satunya di wilayah sumedang jawa barat.
Sejarah Tahu Bungkeng
Ong Kino merupakan salah satu pelopor yang memperkenalkan tahu di daerah sumedang. Ong Kino menetap di Tegalkalong atau terkenal dengan Jl. Sebelas April pada tahun 1900-an. Pada awalnya Ong Kino hanya membuat tahu untuk menjadi jamuan tamu, kerabat hingga tetangga.

Baca Juga:Tahu Sumedang Terdekat, Inilah 9 lokasi yang Bisa Kalian KunjungiRekomendasi 9 HP Murah di Bawah 1 Juta, Ternyata ada Samsung dan Xiomi

Sampai akhirnya, orang-orang mempunyai kesan sendiri bahwa olahan tahu Ong Kino memiliki cita rasa yang masyarakat sukai. Mulai saat itu Ong Kino mulai mencoba untuk menjual dan memproduksi tahu olahannya di rumahnya sendiri.

Usaha Ong Kino diteruskan oleh anaknya yang bernama Ong Boen Keng. Ong Boen Keng mempelajari proses pembuatan tahu ini mulai dari bahan baku sampai tahap penggorengan. Jelas tahu ini memiliki rasa yang berbeda dengan tahu putih dan tahu kuning.

Tahu buatan Ong Boen Keng ini punya cita rasa yang gurih dan lezat. Sampai pada suatu ketika, seorang Bupati Sumedang Pangeran Aria Soeriaatmadja (1883-1919) mencicipi tahu ini lalu berkata “Tahu ini enak dan pasti laku keras”. Terbukti hingga sekarang tahu Boen Keng yang sekarang terkenal sebagai tahu Sumedang menjadi makanan yang populer yang tidak hanya pada wilayah Sumedang melainkan di seluruh Indonesia.

Cita rasa dan kualitas dari tahu yang di produksi oleh Ong Boen Keng ini terus tetap terjaga turun temurun dari generasi ke generasi. Mulai dari pemilihan kedelai khusus yaitu kedelai jenis lurik dan menggunakan air tanah yang bersih.

Kini Tahu Bungkeng menjadi Tahu Sumedang Paling Terkenal dan sudah memiliki 6 toko cabang, 5 di Sumedang dan 1 di Kota Bandung. Untuk harga Tahu Bungkeng sebesar Rp. 600/biji, lebih nikmat bisa memesan lontong dan sambal tauco yang harganya Rp. 1.000 dan Rp. 3.000. Toko pusatnya berada di Jl. Sebelas April No.53, Kotakaler, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Buka dari pukul 07.00-17.00 WIB (Setiap hari)

(Aulikha Fiony)

 

0 Komentar