Harga Tomat dan Cabai Naik

0 Komentar

Harga tomat dan cabai di sejumlah pasar tradisional, di Brebes. Bergerak naik cukup tajam dalam beberapa terakhir, seperti harga tomat melonjak hingga seratus persen.

Pantauan di Pasar Induk Brebes, Senin pagi, harga tomat dijual Rp. 10 ribu perkilogram, padahal sepekan lalu hari tomat hanya dijual Rp. 4 ribu perkilogram.

Salah seorang pedagang komoditas sayur mayur di Pasar Induk brebes, Roisah, mengatakan, dalam sepekan terakhir harga tomat hampir setiap hari mengalami kenaikan antara Rp. 100 hingga Rp. 150 perkilogramnya.

Baca Juga:PMI Asal Desa Cempaka Alami Patah Kaki Akibat KecelakaanMasyarakat Gegesik Keluhkan Banjir ke Wakil Gubernur

Selain tomat harga cabai juga mengalami kenaikan cukup signifikan, cabai rawit merah atau cabai setan misalnya naik menjadi Rp. 70 ribu perkilogram dari harga sebelumnya Rp. 55 ribu perkilogram.

Cabai merah keriting dari harga sebelumnya Rp. 45 ribu perkilogram, naik menjadi Rp. 60 ribu perkilogram, sementara harga cabai hijau besar mengalami kenaikan Rp. 10 perkilogramnya menjadi Rp. 40 ribu perkilogram.

Menurutnya melambungnya harga tomat dan harga cabai, akibat pasokan tomat dari petani berkurang akibat cuaca ekstrem, sementara permintaan pasar meningkat. Melonjaknya komoditas tomat dan cabai ini membuatnya banyak kehilangan pelanggan.

Melonjaknya harga tomat dan cabai memaksa konsumen terpaksa mengurangi pembeliannya, dari sebelumnya antara 1,4 hingga 1 kilogram, kini hanya 1 ons saja.

Pedagang di Pasar Induk Brebes, memperkirakan harga komoditas cabai dan tomat akan masih terus melonjak mengingat saat ini petani cabai dan tomat banyak yang gagal panen.

0 Komentar