Berkunjung ke Daerah Sunda? 8 Rekomendasi Makanan Khas Sunda yang Wajib Kamu Coba!

makanan khas sunda
makanan khas sunda menggugah selera
0 Komentar

makanan khas sunda menggugah selera
Berkunjung ke Daerah Sunda? 8 Rekomendasi Makanan Khas Sunda yang Wajib Kamu Coba!

RADARCIREBON.TV – Suku Sunda punya sederet makanan khas yang enak dan unik. Bahkan banyak kuliner Sunda yang mendunia dan wajib kamu coba. Makanan khas Sunda dikenal memiliki cita rasa yang gurih dan memiliki nama-nama unik yang mudah diingat. Berikut daftar makanan khas Sunda yang wajib kamu coba!

  1. Kupat Tahu

Kupat tahu dikenal di banyak daerah di Indonesia. Namun, kupat tahu Jawa Barat memiliki ciri khas tersendiri. Mengutip situs Indonesia Kaya, kupat tahu Jawa Barat memiliki keunikan berupa tambahan petis pada bumbu kacang serta tauge dan mentimun.

  1. Mie Kocok

Masyarakat Sunda juga familier dengan kuliner mie kocok. Asalnya dari Bandung, tapi telah tersebar ke berbagai daerah di Indonesia. Mie kocok disajikan dengan cara dicelup-celupkan dan dikocok bersama tauge dalam air panas hingga agak layu.

Baca Juga:Serupa Tapi Tak Sama, Inidia Perbedaan Lotek dan Karedok Makanan Khas Sunda!Resep Nasi Timbel Makanan Khas Sunda, Pasti Bikin Ketagihan

Dilansir situs Indonesia Kaya, mie yang menjadi bahan dasar mie kocok didatangkan dari Tiongkok kurang lebih 4.000 tahun yang lalu. Kemudian berasimilasi dengan budaya masyarakat Sunda hingga jadilah mie kocok yang dikenal saat ini.

  1. Cilok

Cilok adalah singkatan dari aci dicolok. Bahan utamanya terbuat dari aci atau tapioka dan dimakan dengan cara dicolok. Teksturnya kenyal dan berbentuk bulat. Biasanya disajikan dengan saus sambal, saus kacang, dan kecap.

  1. Nasi Timbel

Nasi Timbel merupakan nasi yang dibungkus dengan daun pisang yang awalnya dibungkus dalam bentuk lonjong dan pada perkembangannya dapat dibentuk segitiga atau segi empat. Kemudian disusun dan ditaruh diwadah dengan demikian disebut Nasi Timbel. Dibungkus dengan daun pisang dimaksudkan agar nasi beraroma daun pisang. Nasi timbel biasanya disajikan dengan lauk pelengkap seperti ayam goreng, tahu goreng, tempe goreng, sambal.

  1. Lotek

Jika dilihat sekilas lotek hampir sama dengan rujak khas Jawa. Sedikit perbedaan yang terjadi antara lotek dan karedok. Jika karedok semua bahan mentah dan bumbunya sedikit lebih cair dan berteksur rasa sedikit lebih manis dan gurih. Jika Lotek semua bahan matang dan juga bumbu sedikit kental serta tekstur rasanya lebih gurih.

  1. Sate Maranggi

Sate maranggi adalah makanan khas yang berasal dari Purwakarta, Jawa Barat. Pada dasarnya sate ini sama dengan sate pada umumnya dengan menggunakan daging sapi dan kambing. Tapi ada banyak ke khasan dari sate ini yang membedakan dari yang lainya. Sebelum preoses pembakaran sate daging yang akan dibakar sebelumnya direndam dalam bumbu rahasia yang membuat sate ini terasa enak, kemudian baru di tusuk dan dibakar. Lantaran sebelum pembakaran dan saat pembakaran sate ini diolesi bumbu, sate ini saat penyajian tidak di berikan sambal pada umumnya.

  1. Tumis Oncom

Makanan khas Sunda asli selanjutnya adalah oncom. Pasti banyak yang belum begitu tau dengan makanan khas yang satu ini. Oncom adalah makanan khas Sunda asli yang banyak penggemarnya. Oncom ini hampir sama dengan tempe tapi jika tempe dibuat dari kedelai dengan fermentasi jamur berbeda dengan oncom menggunakan spora dalam pembuatanya. Banyak olahan oncom ini salah satunya adalah tumis oncom. Tumis ini sangat enak jika dimakan dengan nasi. Makanan khas ini sangat mudah di dapat hampar disetiap warung menyediakanya.

  1. Batagor

Ini adalah makanan khas Sunda asli yang menjadi favoritku yaitu batagor. Batagor atau bakso tahu goreng adalah makanan khas Bandung dengan bahan ikan tengiri, tepung sagu, dan lain-lain. Diolah dan dibungkus menggunakan kulit pangsit dan lalu di goreng. Batagor disajikan dengan di potong-potong dan diberi saus kacang yang sangat enak dengan rasa legit manis dan gurih serta dengan tambahan jeruk limau sebagai perasanya.

Itu dia list makanan khas sunda yang wajib kamu coba!

(Aulikha Fiony)

 

0 Komentar