Kampung Ramadhan Bodesari Akomodir Umkm Masyarakat

0 Komentar

Pemerintah Desa Bodesari Kabupaten Cirebon, membuat kampung Ramadhan. Puluhan UMKM diakomodir untuk menjajakan beragam jajanan dan takjil buka puasa.

Pemerintah Desa Bodesari Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon, berkolaborasi dengan DKM dan karang taruna dalam gelaran kampung ramadhan. Kegiatan yang sudah berlangsung kali ke empat ini , merupakan inisiasi atas kepedulian DKM dan pemerintah desa untuk meningkatkan perekonomian masyarakat terutama UMKM.

Pembukaan kampung ramadhan yang dibuka secara resmi oleh Camat Plumbon ini, akan berlangsung selama bulan suci ramadhan. Antusias masyarakat terutama umkm setiap tahunnya pun mengalami peningkatan, terbukti dengan semakin banyaknya stand pedagang yang berderet di depan kantor Desa Bodesari.

Baca Juga:Kaji Banding Wisata MundupesisirJawa Barat Miliki Pusat Distribusi Pangan Provinsi

Kuwu Desa Bodesari mengapresiasi kampung ramadhan ini, karena berhasil meningkatkan perekonomian masyarakat, bahkan perputaran uang dalam skala lokal bisa mencapai 3 juta rupiah lebih dalam satu harinya hanya dalam kampung ramadhan.

Sementara, saat ini sedikitnya ada 25 UMKM yang terlibat dalam kampung ramadhan, dan 90 persennya merupakan UMKM yang berasal dari masyarakat Desa Bodesari. Pembentukan kampung ramadhan Bodesari ini, juga merupakan upaya pemerintah desa setempat untuk meminimalisasi kepadatan dan kerumunan masyarakat ketika menjelang berbuka puasa, yang biasanya sering terjadi.

Kuwu Desa Bodesari berharap, melalui kampung ramadhan ini, perkonomian masyarakat bisa terus tumbuh dan menjadi trend positif yang membudaya bagi masyarakat Bodesari.

0 Komentar