Banjir Bandang di Kecamatan Selajambe Kuningan

0 Komentar

Hujan deras pada Sabtu sore mengakibatkan sungai meluap dan banjir bandang di Kecamatan Selajambe. Desa Jamberama menjadi desa paling terdampak akibat banjir bandang ini.

Inilah detik-detik video amatir, saat banjir bandang menerjang Desa Jamberama Kecamatan Selajambe Kabupaten Kuningan, yang terjadi pada Sabtu sore, 25 Maret 2023.

Banjir bandang terjadi sekira pukul 16.00. Saat hujan deras, beberapa anak sungai dengan cepat meluap, diantaranya anak sungai sungai ciawi, cikuya, dan cilimus.

Baca Juga:Mayat Mengapung di Sungai CisanggarungJadwal Damri Kuningan – Jakarta

Luapan anak sungai ini mengakibatkan 22 rumah terendam banjir dengan ketinggian setengah meter hingga 1 meter.

Selain itu, banjir bandang juga mengakibat longsor dan mengancam rumah warga dan fasilitas umum disekitarnya. Sebuah bangunan gudang dilaporkan rusak, terkikis erosi di bantaran sungai cilimus, dan satu jembatan terancam ambruk.

Kepala Pelaksana BPBD Kuningan Indra Bayu Permana mengatakan, dari hasil asesment BPBD hingga minggu pagi, lokasi lainnya yang terdampak di Kecamatan Selajambe adalah Desa Ciberung.

Derasnya luapan sungai cijolang menyeret sebuah jembatan gantung hingga terputus. Jembatan ini merupakan jalan alternatif penghubung Desa Ciberung Kecamatan Selajambe dengan Desa Citapen Kecamatan Rajadesa Ciamis.

Hujan deras kemarin secara keseluruhan mengakibatkan bencana alam banjir dan longsor di 8 desa, yang tersebar di 4 kecamatan, yaitu Kecamatan Selajambe, Ciniru, Hantara dan Kecamatan Subang.

0 Komentar