Nuansa Tradisi & Budaya Kental dalam Perayaan Hari Jadi Kab. CirebonĀ 

0 Komentar

Perayaan Hari Jadi Kabupaten Cirebon kental akan nuansa tradisi dan budaya. Mapag kanjeng dalem menjadi salah satu kebudayaan yang turut ditampilkan.

Nuansa tradisi dan budaya yang kental, sangat nampak jelas dalam perayaan Hari Jadi Kabupaten Cirebon ke 541. Penggunaan pakaian adat Cirebon menjadi salah satu kebudayaan lokal yang ditunjukkan, bahkan seluruh pejabat di lingkup pemerintahan Kabupaten Cirebon menggunakan pakaian adat khas ini.

Yang tak kalah unik adalah makadal, atau akronim dari mapag kanjeng dalem yang merupakan upacara adat khas Kabupaten Cirebon. Mapag kanjeng dalem ini memiliki makna menunjukkan dan menuntun para pembesar dari dan menuju suatu tempat, atau dalam hal ini adalah dari kantor Bupati Cirebon menuju kantor DPRD yang merupakan rangkaian penting hari jadi.

Baca Juga:Bupati Tandatangani Prasasti Realisasi Kinerja PembangunanĀ Tumpukan Sampah di Lahan Warga

Filosofi dan makna yang dalam dari tradisi ini, merupakan bentuk pelestarian budaya yang juga menjadi konsentrasi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cirebon. Para punggawa mapag kanjeng dalem ini merupakan anak-anak dari sanggar yang berada dibawah naungan dewan kesenian Kabupaten Cirebon.

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cirebon akan menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan daerah, sebagai identitas yang tak bisa lepas dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Cirebon. Mapag kanjeng dalem ini juga merupakan momen sakral yang memiliki makna mendalam, dimana mengantarkan bupati dan wakil bupati sebagai pembesar Kabupaten Cirebon agar sampai ke tujuan.

0 Komentar