Fakta Menarik Onde-onde Banyumas

Fakta Menarik Onde-onde Banyumas
Sumber : Ilustrasi dari Pixabay
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Hai bestie pecinta kuliner! Kalian sudah pernah merasakan betapa nikmatnya onde-onde Banyumas belum?. Oke Jika belum kalian wajib untuk mencoba nya yah. Kalian sudah tahu belum ada beberapa fakta menarik kuliner ini?. Oke jika belum yuk simak artikel ini.

Onde-onde merupakan salah satu jajanan paling populer di Indonesia, dengan bentuknya yang bulat di taburi biji wijen, tekstur kenyal dan rasa yang asin.

Namun, tahukah Anda bahwa makanan yang di gemari banyak orang ini memiliki sejarah yang panjang? Apa saja fakta menarik tentang onde-onde?

Baca Juga:Segera Hadir! Nokia Magic Max 5G 2023 – Harga dan SpesifikasiWisata Garut Populer Cocok Buat Ngabuburit Bareng Ayang

Berasal dari Negeri Tirai Bambu

Siapa yang tidak tahu onde-onde? Cemilan berbentuk bulat bertabur biji wijen ini hits di mana-mana. Kami menantang Anda untuk membuat roti di rumah!

Ada banyak resep jajanan tradisional di Indonesia yang ada karena pengaruh budaya Tionghoa. Beberapa di antaranya adalah resep bakpao, bakpao, bakso goreng, choipan dan masih banyak lagi.

Pedagang Cina membawa jajanan manis dan asin ini ke Indonesia sekitar tahun 1300 Masehi. Hidangan yang bentuknya seperti kue mochi versi goreng ini juga di kenal dengan berbagai nama, seperti matuan atau jian dui (China) dan goma dango (Jepang). Berbeda dengan di Indonesia, jajanan ketan ini di isi dengan kacang merah atau kacang hitam.

Populer di Indonesia di Banyumas (Jawa Tengah) dan Mojokerto (Jawa Timur), makanan bola nasi ketan berlapis wijen ini di isi dengan pasta kacang hijau kupas yang di masak dengan gula.

Cara membuat bakpao bagi kebanyakan orang bisa masuk dalam kategori sulit atau rumit. Namun bukan berarti hal itu menjadi kendala bagi Anda bukan? Beberapa hal seperti bahan membuat siomay sederhana, alat masak yang sudah ada di rumah, dan peningkatan keterampilan memasak di dapur bisa menjadi pertimbangan saat membuat isian kacang hijau di rumah. 

Baru tau kan bestie… ternyata onde-onde itu berasal dari negara Cina.

Resep dan Cara Membuat

Bahan 4 Porsi

  • 300 g tepung ketan putih
  • 75 g tepung tapioka
  • 2 sdt gula pasir
  • ½ sdt garam
  • 250 ml santan kental, hangatkan
  • 150 g wijen putih
  • minyak, untuk menggoreng
  • Isi 300 g kacang hijau kupas
  • 1 sdm Bango Kecap Manis
  • 50 g gula pasir
  • 1 lembar daun pandan, ikat simpul

Selanjutnya berikut cara membuat onde-onde

Baca Juga:Bikin Kamu Nostalgia! Inilah HP Samsung Jadul Layar SentuhGame Penghasil Uang Langsung Ke Dana Tanpa Iklan

Yang pertama diisi dan direbus dengan kacang hijau yang dikupas dengan daun pandan sampai matang. Tangga berjalan. Aduk rata Bango Kecap Manis dan gula pasir. Ambil 1 sendok makan adonan, gulung. Ulangi proses yang sama untuk sisa adonan. menyisihkan

Kemudian campurkan tepung beras ketan, tepung tapioka, gula dan garam. Tuang santan sedikit demi sedikit dan uleni hingga kalis atau kalis. 

Kemudian Ambil 1 sdm adonan, bulatkan, pipihkan, letakkan adonan isi ke atasnya, tutup kemudian bulatkan.

Kemudian gulingkan pada biji wijen hingga permukaan kulit yang bergelombang tertutup rata. Ulangi proses yang sama untuk sisa adonan.

Saat Anda memanaskan minyak untuk terakhir kalinya, goreng wo-onde hingga berwarna cokelat keemasan.

Itulah fakta menarik dari onde-onde Banyumas.

0 Komentar