5 Rekomendasi Wisata Religi Solo, Kalian Wajib Mampir Ya!

Foto: Wikipedia/Masjid agung Surakarta.
Foto: Wikipedia/Masjid agung Surakarta.
0 Komentar

RADARCIREBON.TV-5 Rekomendasi Wisata Religi Solo, Kalian Wajib Mampir Ya!Kota Solo, Jawa Tengah, memiliki deretan objek wisata religi yang menarik untuk di kunjungi.

Apalagi saat Ramadan, untuk umat islam engunjungi tempat yang menyimpan sejarah peradaban Islam bisa menjadi salah satu alternatif kegiatan ngabuburit sembari menunggu waktu berbuka puasa.Yuk, baca artikel berikut ini, mengenai 5 Rekomendasi Wisata Religi Solo, yang wajib kalian kunjungi:

1. Masjid Agung Solo

Obyek wisata religi di Solo yang menarik untuk di kunjungi pada saat Ramadan adalah Masjid Agung Surakarta.

Baca Juga:3 Merk TV Android Terbaik 32 inch di Indonesia!Ciawitali Glamping: Glamping Subang Yang Terkenal Karena Keindahannya.

Dulu masjid ini di kenal dengan nama Masjid Ageng Keraton Hadiningrat.Masjid bersejarah ini berada di kawasan Keraton Surakarta dengan arsitektur khas yang sangat unik dan menarik.

Tempat ini juga berperan penting dalam persebaran ajaran Islam di Jawa, bangunan ini di bangun pada 1749 oleh Pakubuwono III.Jadi, tak heran saat mengunjungi destinasi wisata religi di Solo satu ini kamu tak hanya bisa mengagumi keunikan dari arsitekturnya.

Namun juga melihat langsung berbagai benda bersejarah Keraton Surakarta.

Seperti jam matahari dan alat musik gamelan yang di keramatkan.

2. Masjid Al Wustho Mangkunegaran

Masjid Al Wustho juga masuk daftar destinasi wisata religi yang wajib di kunjungi saat kalian berada di Kota Solo.

Tempat yang bersejarah ini berada di kawasan Keraton Surakarta dengan arsitektur khas yang sangat unik dan menarik.

Bangunan ini juga berperan penting dalam persebaran ajaran Islam di  Jawa.

Tempat  ini di bangun pada 1749 oleh Pakubuwono III.

3. Masjid Dalem Kalitan

Masjid Dalem Kalitan adalah masjid yang berada di kompleks Dalem Kalitan miliki Ibu Tien Soeharto.

Pada mulanya, masjid bersejarah ini di bangun Pakubuwono X dari Keraton Kasunanan sekitar 1786.Kompleks masjid di bangun lengkap dengan rumah joglo dan pendapa.

Baca Juga:Smart TV Android 11 Harga Terbaik dan Termurah Di Tahun Ini!9 Wisata Religi Wali Songo Biasa Untuk Berziarah!

Kompleks ini kemudian di hibahkan pada Kanjeng Gusti Ratu Alit pada 1965.Sejak saat itu bangunan tersebut di kenal dengan nama Dalem Kalitan.

Di sana kamu bisa melihat berbagai peninggalan bersejarah keluarga kerajaan. Termasuk memasuki rumah yang dulu pernah ditinggali Ibu Tien.

4. Masjid Laweyan

Masjid Laweyan disebut-sebut sebagai masjid tertua yang ada di Solo.

Bangunan ini di percaya telah berdiri sejak 1546 ini di bangun pada masa Kerajaan Pajang, jauh sebelum berdirinya Surakarta.

Masjid sederhana ini berada di kawasan Kampung Batik Laweyan.

Sampai saat ini masjid itu masih berdiri kokoh dengan beberapa ornamen yang terjaga keasliannya.Keberadaan masjid bersejarah ini menjadi saksi persebaran ajaran Islam di tanah Jawa pada masa itu.

Mengunjungi destinasi wisata religi di Solo satu ini, kamu juga bisa melihat kompleks pemakaman yang di sakralkan di belakang bangunan Masjid Laweyan.

5. Masjid Jami Assegaf

Masjid Assegaf yang lokasinya berada di perkampungan Arab ini memang memiliki tradisi membagikan menu berbuka puasa bernuansa Arab kepada pengunjung masjid secara gratis, salah satunya kopi Arab.

Pengurus masjid biasa menyajikan kopi Arab untuk berbuka puasa.Tradisi ini sudah ada sejak masjid tersebut berdiri. Masjid ini memiliki dapur umum untuk memasak kopi dan kudapan untuk berbuka puasa.

0 Komentar