PNM Cirebon Bentuk Klasterisasi Pengolahan Biji Melinjo

0 Komentar

PT Permodalan Nasional Madani Cirebon, menggelar pengembangan kapasitas usaha, khususnya pada klasterisasi emping melinjo. Hal itu dilakukan agar UMKM para nasabah mekar di wilayah Kedawung, bisa lebih naik kelas.

PT Permodalan Nasional Madani Cabang Cirebon, mengadakan pengembangan kapasitas usaha atau PKU terhadap klasterisasi emping melinjo. Kegiatan dilaksanakan di kantor Kecamatan Kedawung, mengingat di wilayah Tuk khususnya, banyak para nasabah PNM mekar yang menjalankan kegiatan usaha di bidang olahan emping melinjo, dengan harapan bisa dikembangkan agar menjadi naik kelas dari UMKM yang ada.

Seperti diketahui, PNM tidak hanya memberikan modal usaha berupa finansial, melainkan ada hal lain yang dilakukan berupa modal intelektual, agar para nasabah bisa mengembangkan keterampilan melalui pembinaan dan pelatihan maupun pendampingan.

Baca Juga:Para Biksu Diberi Suntikan Vitamin Dan SuplemenKeraton Kasepuhan Kenalkan Seni Tradisional Ke Para Biksu

Selain modal sosial, dengan adanya jalinan sinergitas dengan berbagai stakeholder, baik pemerintahan, diharapkan dapat meningkatakan upaya pengembangan UMKM, baik pengolahan, pengemasan yang baik hingga pemasaran, dengan dukungan holding BRI, pegadaian dan PNM.

Salah satu ketua kelompok mengaku, bisa mengembangkan usahanya, dengan bantuan modal dan juga pendampingan dari PNM.

Diharapkan, melalui pengembangan kapasitas usaha klasterisasi emping melinjo ini, akan berdampak positif terhadap kemajuan UMKM para nasabah mekar PNM Cabang Cirebon.

0 Komentar