Desa Kalirahayu Hemat Anggaran Desa

0 Komentar

Desa Kalirahayu Kecamatan Losari Kabupaten Cirebon mendapat bantuan program irigasi yang sumber dananya dari dana aspirasi baik DPRD kabupaten maupun DPR RI. Lewat bantuan itu, diharapkan petani yang hanya mengandalkan pompanisasi bisa memanfaatkan sumber air sebaik baiknya.

Desa Kalirahayu Kecamatan Losari Kabupaten Cirebon tahun 2023 mendapat bantuan program irigasi dari dana aspirasi DPRD Kabupaten Cirebon maupun DPR RI. Kuwu Kalirahayu, Rokim mengatakan, mendapatkan bantuan irigasi diantaranya swakelola oleh P3A dan pembangunan oleh rekanan.

Kuwu menyebut, apapun bantuan yang diterima tujuannya untuk kepentingan petani dan bisa bermanfaat untuk warganya. Lewat pembangunan ini dirinya hanya melihat dari sisi manfaatnya dan mendapat perhatian karena irigasi menjadi salah satu kebutuhan penting para petani di Desa Kalirahayu.

Baca Juga:Potret Buruk Lingkungan Laut CangkolTruk Tronton Terguling

Kuwu mengaku, dana desa tidak digulirkan seluruhnya untuk perbaikan irigasi, karena pihak desa sudah berusaha mendorong secara aktif pada pemerintah maupun DPR untuk memberikan bantuan. Bahkan, selama 3 tahun dirinya menjabat, sudah mendapat dua kali program untuk membantu para petani.

Sementara, Desa Kalirahayu yang secara umum lahan pertanian cukup luas tidak didukung sumber air dari hulu sungai. Sehingga, untuk menghidupi lahan pertanian hanya menggunakan pompaisasi dan mengandalkan tadah hujan saat hujan datang.

0 Komentar