Hari Gini Kamu Belum Tahu Perbedaan Android TV dan Smart TV? Nih 7 Perbedaannya! Cek di Sini Devinisi Android TV Adalah..

Android TV dan Smart TV/detiknet - Detikcom
Android TV dan Smart TV/detiknet - Detikcom
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Meskipun Android TV dan Smart TV sudah tersebar luas di rumah-rumah masyarakat hingga saat ini.

Namun, masih banyak yang belum memahami makna dari Android TV dan Smart TV yang ternya memiliki perbedaan ini.

Definisi dari istilah Android TV adalah suatu sistem operasi yang di gunakan oleh smart TV dan streaming stick.

Baca Juga:Kasih Tahu Ortumu! 10 City Car Terbaik 2013 Ini Harganya di Bawah 100 Jutaan Loh, Spesifikasi Aman Desain Gak Ketinggalan ZamanYUK MAIN AIR SEPUASNYA DI SINI! 7 Tempat Wisata Subang Air Jernih Ini Wajib Kamu Kunjungi Bersama Bestiemu Loh

Namun, meskipun maknanya sederhana, di mesin pencarian google tetap masih banyak yang menjadi kata “Android TV adalah”.

Oleh karena itu, selain membahas mengenai Android TV adalah apa, kita juga akan membahas perbedaanya dengan Smart TV.

Nah, dari pada kamu semakin penasarn dan bertanya-tanya, yuk langsung saja kita simak ulasan-ulasannya di bawah ini.

7 Perbedaan Android TV dan Smart TV

Sebelumnya, kita ulas lagi Android TV adalah platform terbuka bagi produsen perangkat mana pun untuk membuat perangkat yang menjalankannya.

Untuk maksud dari berbasis Android, artinya dapat menjalankan semua jenis aplikasi seperti tablet atau smartphone. 

1. Sistem Operasi

Perbedaan utama antara Android TV dan Smart TV adalah sistem operasinya. Smart TV memiliki sistem operasi yang berbeda tergantung merek yang Anda pilih. Misalnya, LG menggunakan sistem operasi bernama WebOS, sedangkan Samsung Smart TV memiliki sistem operasi bernama Tizen.

Sebaliknya, Android TV berjalan di sistem operasi Android yang di kembangkan oleh Google. Ini menawarkan Anda pengalaman yang lebih baik secara keseluruhan karena Anda dapat dengan mudah mengontrol TV Android Anda dengan ponsel cerdas atau jam tangan pintar Android Anda. 

Baca Juga:Jangan Galau Kalau di Putusin Mantan! Nih 5 Rekomendasi Tempat Wisata Subang yang Lagi Hits Ini, Ajak Bestiemu Gengs!DESAINNYA GANTENG! Mobil Wuling Almaz Kini Tampil Lebih Glow Up Dengan Spesifikasi dan Fitur Canggihnya, Segini Harganya!

2. Dukungan aplikasi

Smart TV vs Android TV: mana yang lebih baik dalam hal ketersediaan aplikasi? TV Android adalah pemenangnya. Meskipun keduanya mendukung banyak aplikasi bawaan, dukungan Play Store Android TV memberi Anda akses ke 6.000 aplikasi dari YouTube, Netflix, Disney Hotstar, Prime Video, dan lainnya. Smart TV tidak memiliki keunggulan ini, karena hanya menawarkan akses ke beberapa aplikasi bawaan yang populer. Belum lagi pembaruan aplikasi smart TV sulit di dapat dan akibatnya, beberapa aplikasi tidak di dukung.

3. Pembaruan

Android TV tidak hanya menawarkan aplikasi yang lebih luas, tetapi juga memenangkan pertarungan antara Android dan Smart TV dalam hal pembaruan firmware dan aplikasi. Secara umum, Android TV tunduk pada perkembangan teknologi yang aktif dan rajin menghadirkan pembaruan.

Selain itu, jika Anda terhubung ke Internet, Anda dapat menikmati pembaruan otomatis. Di sisi lain, banyak TV pintar tidak terlalu sering menerima pembaruan dan sistem operasi TV menjadi usang setelah beberapa tahun. 

4. Asisten suara

Perbedaan penting lainnya antara Android dan Smart TV adalah asisten suara. Asisten Suara Google yang terintegrasi membuat TV Android berbeda dari pesaing. Dengan fitur ini, Anda tidak memerlukan perangkat input karena Anda dapat menggunakan suara Anda untuk beralih antar saluran dan mencari konten favorit Anda secara online. Faktanya, banyak smart TV juga mendukung kontrol suara, namun kemampuannya tidak sebaik Asisten Google. 

5. Mirroring

Android vs Smart TV menawarkan alternatif pencerminan smartphone-ke-TV. Namun, streaming layar TV Android lebih mudah di gunakan karena memiliki kemampuan Chromecast.

Dan Anda mendapatkan gambar yang jernih dan streaming video dalam definisi tinggi. Di sisi lain, menyambungkan dan memasangkan perangkat itu membosankan bahkan dengan fitur pencerminan layar bawaan dari smart TV. 

6. Navigasi

Saat memilih antara Android dan Smart TV dalam hal pengalaman pengguna, Smart TV lebih unggul. Antarmuka yang sederhana dan ramah memudahkan untuk beralih antar aplikasi saat berada di layar beranda.

Ini berarti Anda tidak perlu menginvestasikan banyak waktu untuk persiapan. Di sisi lain, menavigasi TV Android bisa jadi sulit, terutama bagi mereka yang tidak terbiasa dengan ekosistem Android. 

7. Performa

Performa Smart TV lebih cepat berkat antarmuka yang sederhana dan efisien antara perangkat keras dan perangkat lunak. Namun, kinerja Android TV lambat, terutama setelah beberapa tahun di gunakan. 

0 Komentar