Apa Saja Sih Peralatan Camping? Pelajar Wajib Tahu! 10 Perlengkapan Ini Jangan Sampai Ketinggalan, Cek Sekarang Juga di Sini

Peralatan Camping/Bromo Solution
Peralatan Camping/Bromo Solution
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Jika kamu belum mengetahui pasti apa saja peralatan camping yang harus kamu bawa, maka kamu wajib membaca artikel ini.

Terutama jika kamu merupakan pelajar, baik siswa atau mahasiswa baru, biasanya kerap kali mengadakan acara camping bersama.

Oleh karena itu, kamu harus menyiapkan peralatan camping dengan lengkap dan jangan sampai ada yang ketinggalan.

Baca Juga:Sudah Beli Set Top Box Sinyal Ada Tapi Tidak Ada Gambar? Jangan Pakin Guys! Baca Cara Memulihkannya di SiniKamu Mau Buka Usaha Bingung Cari Mobil Pick Up Murah? Nih 6 Rekomendasi Mobil Pick Up Bekas Harga 15 Juta, Cek Sekarang Juga!

Agar acara campingmu menjadi nyaman dan aman, tentunya juga semakin seru. Yuk baca terus artikel ini jangan di skip!

Perlu kamu ketahui, terkadang peralatan camping pada umumnya sudah di jual di market place online, yang bisa kamu pilih-pilih.

Jadi apa saja sih perlengkapan yang harus kamu bawa supaya campingmu lebih nyaman? Yuk langsung saja cek di bawah ini!

10 Peralatan Camping yang Wajib Kamu Bawa

1. Tenda

Tidak bisa berkemah tanpa tenda? Ada berbagai jenis tenda, mulai dari tenda pramuka hingga tenda dome hingga selebaran. Saat ini, tenda dome semakin banyak di minati oleh banyak orang. Pasalnya, tenda jenis ini lebih mudah di pasang dan di bawa kemana-mana. Jika Anda benar-benar tidak memiliki tenda, Anda tidak perlu membelinya.

Anda hanya bisa menyewanya untuk satu atau dua malam, apalagi harga tenda cukup tinggi. Bahkan jika Anda menyewa, jangan asal memilih yaa. Pastikan tenda yang Anda sewa memiliki kualitas yang baik. Periksa semuanya untuk kelengkapan, mulai dari jumlah pasak, tiang, dan sebagainya. Oh iya, Anda juga perlu memastikan rekan berkemah Anda tahu cara memasang dan mendirikan tenda. 

2. Kompor dan gas untuk memasak

Kemudian, kompor juga merupakan barang penting yang tidak bisa di lewatkan. Tidak perlu membawa pulang kompor, Anda bisa membeli kompor khusus untuk kegiatan outdoor. Kompor portabel yang lebih kecil dengan lubang api yang besar.

Selain itu, kompor camping bersifat portable dan mudah di bawa kemana saja. Beratnya kurang dari setengah kilogram sehingga mudah di kemas dalam tas besar. Kalau mau bawa ke kompor, jangan lupa bawa gasnya yang bentuknya tabung pilox. Biasanya kompor dan gas di jual terpisah. Anda bisa mencarinya di toko-toko yang menjual perlengkapan outdoor. 

Baca Juga:Isi Liburanmu Dengan Pergi ke Tempat Camping In The Jungle! Ini Dia Lokasi, Harga Tiket dan Fasilitas LengkapnyaEmang Ada Ya Hp Murah 4G Dibawah 500? Ada Dong Guys, Nih 7 Pilihannya Untukmu! Nomor 2 Sudah Bisa Face Unlock Loh

3. Perlengkapan masak

Untuk memudahkan berkemah, bawalah perlengkapan memasak secukupnya. Anda tidak perlu membawa panci besar, cukup panci kecil dan spatula, serta perlengkapan makan dan minum seperti piring, sendok, garpu plastik, dan gelas lipat. Jika tidak ingin repot, Anda bisa menyewa semua peralatan catering outdoor tersebut. Pilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan Anda untuk meminimalkan jumlah barang bawaan. 

4. Sleeping bag atau alas tidur

Di mana pun Anda berkemah, Anda tetap membutuhkan alas tidur untuk tenda Anda. Oleh karena itu, Anda harus membawa tikar penyekat sebagai kantong tidur. Membawa alas tidur juga membuat tidur lebih nyaman, karena kantong tidur menghilangkan hawa dingin saat tidur.

Ada dua jenis kantong tidur yang bisa di pilih: kantong tidur selimut dan kantong tidur mumi. Keduanya sama-sama nyaman dan bisa di sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Anda juga tidak perlu membelinya, karena Anda dapat menyewanya dari persewaan perlengkapan outdoor. 

5. Matras

Meskipun Anda membawa kantong tidur, sebaiknya Anda juga membawa kasur agar tidur lebih nyaman. Sebelum menggunakan sleeping bag, lapisi terlebih dahulu dengan matras. Hal ini di duga membuat tubuh terasa lebih hangat. Item ini tidak hanya berguna untuk kenyamanan tidur, tapi juga bisa di gunakan untuk bertemu teman atau keluarga di luar tenda. Ada banyak jenis tikar, tapi tikar guling adalah tikar berkemah yang paling umum. 

6. Korek api 

Kebanyakan orang melupakan barang kecil ini, padahal fungsinya sangat besar. Ya, korek api adalah barang selanjutnya yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkemah. Anda bisa menyalakan kompor dengan korek api saat kompor mati, atau Anda bisa menggunakannya untuk membuat api unggun. 

7. Senter atau headlamp

Di sebut juga camping karena pasti tidak akan menemukan sumber listrik untuk menyalakan lampu di malam hari. Penerangan senter ponsel tidak cukup. Makanya penting bawa senter atau headlamp. Jika perlu, Anda dapat membawa lampu Petromax sebagai sumber cahaya malam. Jika ingin membawa headlamp, Anda perlu menyesuaikan jumlahnya dengan jumlah orang yang berkemah. Ohiya, jangan lupa bawa baterai cadangan juga ya! 

8. Jas hujan

Jangan di kira jas hujan hanya di perlukan saat mengendarai sepeda motor saja, karena benda ini juga wajib ada saat camping. Saat Anda berada di alam terbuka, jas hujan sangat penting. Anda tidak pernah tahu kapan akan turun hujan, jadi penting untuk membawa satu barang itu bersama Anda. Simpan jas hujan di bagian atas tas ransel agar si kecil bisa menjangkaunya dan segera gunakan saat hujan turun. Selain jas hujan, kamu juga bisa membawa mantel tebal untuk menahan udara dingin. 

9. Trash bag 

Selain untuk hiburan, tujuan camping adalah untuk mendekatkan kita dengan alam. Nah, jika sudah terlanjur mendapatkannya, jangan pernah meninggalkan sampah di tempat perkemahan. Selalu simpan kantong plastik atau tempat sampah di tas Anda. Kantong plastik tidak hanya bagus untuk mengumpulkan sampah, tapi juga bisa di gunakan untuk menyimpan pakaian kotor. Jadi jaga kebersihan lingkungan, ya! 

10. Botol minum

Air sangat penting untuk kelangsungan hidup di luar ruangan, dan semakin jauh Anda pergi, semakin cepat habis. Hal terakhir yang di inginkan seorang kemping adalah terjebak tanpa air tawar, apalagi saat minum dari kolam atau danau dapat menyebabkan penyakit bakteri yang serius. Meskipun gurun yang Anda tuju hanya berjarak beberapa kaki dari mobil, ada baiknya Anda membawa sebotol air minum saat berkemah. Kemudian siapkan tablet penyaring atau pemurni air jika Anda perlu mengisi air dari sungai terdekat. 

0 Komentar