SMK Muhammadiyah Lemahabang Buat Sepeda Motor Listrik

0 Komentar

SMK Muhammadiyah Lemahabang Kabupaten Cirebon, berhasil membuat sepeda motor listrik custom dari berbagai sparepart yang ada. Sepeda motor listrik menggunakan penggerak rantai itu, mampu menempuh jarak hingga 50 kilometer bahkan lebih.

Siapa yang tidak tahu motor listrik. Di era perkembangan teknologi saat ini, anak bangsa berhasil membuat motor bertenaga penggerak listrik. Motor listrik type minimoto ini berhasil dibuat SMK Muhammadiyah Lemahabang Kabupaten Cirebon.

Kepala Konsentrasi Keahlian Teknik Sepeda Motor SMK Muhammadiyah Lemahabang Cirebon, Iyus Rusmana mengatakan, awal produksi sepeda motor listrik mengikuti perkembangan teknologi, dan kurikulum yang membahas motor listrik. Mulai dari perencanaan, pengumpulan material untuk pembuatan dan beragam hal lainnya membutuhkan waktu 3 bulan lamanya.

Baca Juga:Gorong-Gorong Tersumbat Ganggu Distribusi Air Pertanian 3 Anggota Geng Motor Ditangkap Pasca Tewas Kecelakaannya 2 ABG 

Sepeda motor yang dibuat, benar-benar memakai daya listrik tidak ada bahan bakar lain. Karena berbahan custom, maka seluruh sparepart terbaik yang digunakan sehingga pembuatannya memakan biaya 30 jutaan. Dilihat dari spesifikasinya, sepeda motor listrik ini memiliki dinamo berkekuatan 3.000 watt, dengan sumber listrik baterai lithium dengan kapasitas 72 volt 5 ampere.

Sementara, untuk pemakaian normal dalam kondisi baterai penuh, bisa mendapatkan jarak tempuh sampai 50 kilometer. Sebagai informasi, kendaraan listrik belakangan ini sedang menjadi primadona karena diharapkan dapat menggantikan kendaraan berbahan bakar minyak, selain lebih hemat konsumsi energi, kendaraan listrik juga sangat minim dari segi perawatan karena tidak memerlukan banyak komponen seperti pada mobil atau motor berbahan bakar BBM.

0 Komentar