Apa Saja Nama Merek Mobil Buatan Indonesia? Ada Banyak Loh, Ada City Car Hingga Supercar

Apa Saja Nama Merek Mobil Buatan Indonesia? Ada Banyak Loh, Ada City Car Hingga Supercar
Apa Nama Merek Mobil Buatan Indonesia (Instagram esemka_indonesia/ tribunnewswiki)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Barangkali belum banyak orang yang tahu jika Indonesia mempunyai mobil buatan sendiri, apa saja nama merek mobil tersebut?

Ternyata ada banyak mobil buatan Indonesia. Salah satunya yaitu bernama Esemka, yang berawal dari sebuah proyek siswa SMK di Solo.

Selain Esemka, ada juga mobil lainnya yang menjadi deretan mobil buatan Indonesia. Kira-kira, apa saja, ya? Simak daftarnya di bawah ini.

Baca Juga:Wah, Ada 18 Rekomendasi Mobil Second di Bawah 80 Juta! Cek, Ada Mobil Apa SajaJangan Buru-buru Beli, Set Top Box Bisa Didapatkan Secara Gratis, Begini Syarat dan Cara Cek Penerima

Apa Nama Merek Mobil Buatan Indonesia?

Esemka, menjadi salah satu daftar merek mobil di buat oleh perusahaan otomotif di Solo, Jawa Tengah. Pengambilan nama Esemka, rupanya di ambil dari kata SMK, dimana mobil ini merupakan proyek dari siswa SMK.

Pabrik Esemka pun telah di resmikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo. Mobil Esemka yang berada di bawah naungan PT. Solo Manufaktur Kreasi ini, telah meluncurkan dua jenis mobil yang bernama Esemka Bima 1.2L dan Bima 1.3L.

Selain mobil Esemka, ada juga mobil lainnya yang merupakan buatan Indonesia. Diantaranya yaitu :

– Kancil

Mobil buatan PT. Karunia Abadi Niaga Citra Indonesia pada tahun 1999 ini, mempunyai karakteristik yang lincah. Kancil rupanya merupakan sebuah singkatan dari Kendaraan Niaga Cilik Irit Lincah. Seperti namanya, bentuk dari kendaraan ini pun mungil.

– Tawon

Tawon adalah jenis caravan asli buatan dari Indonesia dengan kapasitas mesin 650cc yang di produksi oleh PT. Super Grasindo Jaya saat tahun 2021. Selain Esemka, Tawon juga ternyata buatan pelajar SMK, namun dari Rangkasbitung.

– AMMDes

Apa ada lagi nama merek mobil buatan Indonesia? Yap, berikutnya bernama AMMDes yang merupakan singkatan dari Alat Mekanis Multiguna Pedesaan. Konsep yang di usung yaitu sebagai kendaraan pedesaan untuk sektor pertanian yang tangguh untuk menghadapi medan apapun.

Mesin yang di bekali yaitu berupa mesin diesel 14 yang bertenaga kuda, dan mampu mengangkat beban hingga 700 kg. Tidak hanya Indonesia yang mencicipi mobil ini, namun rupanya, AMMDes telah di ekspor hingga luar negeri dengan jumlah mencapai 10.000 unit dalam kurun waktu 5 tahun.

Baca Juga:Harga Jual Mobil Suzuki Ignis Terbaru Dibanderol Murah, Interiornya Juga ModernSudah Yakin Sama Pilihanmu? Simak Dulu Spesifikasi dan Keunggulan Set Top Box Luby

– Mahesa

Adalagi yang mirip seperti AMMDesa yaitu Mahesa yang juga di buat untuk sektor pertanian. Hanya saja, Sukiyat, selaku pembuat mobil ini, membuat Mahesa menjadi tiga tipe yaitu double cabin, pick up dan pertanian.

– Maleo

Maleo, merupakan mobil yang di rancang oleh seorang Presiden ketiga Indonesia yaitu Alm. Bapak BJ Habibie. Bentuknya berupa sedan dan konon di rilis pada tahun 1993 yang saat itu di patok dengan harga Rp30 jutaan.

– Timor

Mobil nasional bernama Timor, merupakan produksi PT. Timor Putra Nasional yang didirikan oleh Bapak Tommy Soeharto. Timor atau kepanjangannya yaitu Teknologi Industri Mobil Rakyat, merupakan mobil yang memiliki kebebasan pajak dan biaya lain sehingga saat itu, mobil ini termasuk dalam kategori mobil sedan yang harganya murah.

– Beta 97

PT Bakrie Motor juga menjadi salah satu deretan yang membuat mobil di Indonesia, yang bernama Beta 97. Berbagai pengetesan pun sudah di lakukan pada mobil ini, namun sayangnya, harus di hentikan karena krisis moneter yang terjadi di Indonesia.

– Tucuxi

Apa masih ada lagi, nama merek mobil buatan Indonesia? Yap, Tuxuci adalah mobil karya alumni ITS atau Institut Teknologi Surabaya yang bernama Danet Suryatama. Mobil yang di pacu oleh baterai LiFEPO4 tersebut juga konon di inisiasi oleh Bapak Dahlan Iskan yang saat itu sedang menjabat sebagai menteri BUMN.

– Selo

Apakah Indonesia punya mobil supercar? Ada dong, namanya Selo yang merupakan buatan Indonesia dan di rancang oleh Ricky Nelson. Rupanya, Selo merupakan kendaraan yang ramah lingkungan karena di bekali dengan penggerak motor listrik yang menjadi penggeraknya.

– GEA

GEA atau Gulirkan Energi Alternatif, merupakan ciptaan PT. INKA dengan menggunakan mesin dari proyek BPPT yang bernama Rusnas. Bentuknya yaitu berupa sebuah city car dengan harganya yang terbilang murah, mencapai Rp50 juta.

– Si Elang

Apabila mobil yang sudah di sebutkan di atas, ada yang merupakan karya anak SMK, maka Si Elang merupakan karya mahasiswa dari Universitas Tidar Fakultas Teknik. Warna yang di berikan pada Si Elang yaitu kuning, sebagai ciri khas dari Universitas Tidar. Seperti mobil lainnya yang ramah lingkungan, Si Elang juga di bekali dengan tenaga penggerak motor listrik.

0 Komentar