Sayang sayang di buang mending di rawat ya, ini dia cara merawat mobil second anda dan keluarga !

Sayang sayang di buang mending di rawat ya, ini dia cara merawat mobil second anda dan keluarga !
Sayang sayang di buang mending di rawat ya, ini dia cara merawat mobil second anda dan keluarga !
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- cara merawat mobil second sering menjadi bahan perbincangan banyak orang loh,dan untu merawat mobil bekas ternyata tidak boleh sembarangan lho!

Ada beberapa hal yang wajib kamu perhatikan agar mobil tetap memiliki performa yang baik dan bisa memperoleh harga jual tinggi.

Meskipun saat ini ada begitu banyak mobil baru yang rilis di Indonesia, namun pada kenyataannya mobil bekas tetap memiliki peminat.

Baca Juga:berapa harga set top box untuk tv tabung yah??yuk cari tahu di sini !infinix note 10 harga nya berkisaran 3 jutaan perunit loh,penasaran beli sekarang ke konter terdekat anda !

Hal ini terbukti dari banyaknya peserta yang mengikuti kegiatan lelang mobil bekas di AUKSI.

1. Rutin mengganti oli

Mesin yang ada di dalam mobil terdiri dari berbagai komponen yang bergerak dan juga saling bergesekan. Di sinilah, peran oli di butuhkan.

Oli akan bekerja sebagai pelumas untuk mengurangi efek dari gesekan tersebut.

Apabila komponen mesin mobil tidak memperoleh cukup pelumas, maka mesin bisa menjadi lebih cepat aus sehingga performa mobil bisa menjadi tidak optimal.

Bahkan, oli mesin yang tidak rutin diganti juga dapat membuat mobil menjadi sering mogok di jalan. 

2. Rutin ganti air radiator

Saat mobil di gunakan, sistem kerja mesin dapat menciptakan suhu yang cukup tinggi.

Agar mesin tersebut tidak mengalami overheating saat di gunakan, maka di perlukan air radiator yang mampu mendinginkan mesin. 

Baca Juga:ehem ehem bikin batuk deh ,cari mobil yang bagus dan kualitas oke,beli saja mobil listrik hyundai !Masih bingung bagaimana cara mirror iphone ke android tv??yuk simak ulasan nya hanya di sini !

Sama seperti oli, air radiator juga perlu diganti secara rutin. Seiring dengan penggunaan mobil, air radiator bisa kehilangan kandungan anti-freeze dan anti-corrosion.

Mungkin di Indonesia, hilangnya kandungan antifreeze pada air radiator tidak terlalu berdampak besar karena kita tinggal di wilayah tropis.

3. Bersihkan karburator

Saat mobil bekas sulit di nyalakan, biasanya salah satu penyebabnya adalah karena filter karburator yang kotor.

Oleh karena itu bersihkan sistem karburator secara rutin. Kamu bisa membersihkannya sendiri menggunakan sikat gigi atau meminta bantuan pihak bengkel untuk mendapatkan perawatan karburator yang lebih profesional.

4. Gunakan bahan bakar yang tepat

Agar mobil bekas tetap memiliki mesin yang sehat dan tahan lama, maka kamu perlu menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan nilai oktan yang di sarankan pabrikan asal.

Nilai oktan atau RON (Research Octane Number) mengacu pada mutu yang di miliki oleh bahan bakar.

Semakin tinggi nilai oktan yang dimiliki oleh bahan bakar, maka akan semakin optimal juga tenaga yang di hasilkan.

5. Ganti timing belt

Timing belt adalah komponen mobil yang memiliki peran penting karena jika komponen ini rusak maka mobil dapat berisiko mati total.

Untuk merawat komponen ini, kamu bisa memperhatikan masa pakai timing belt. Kebanyakan timing belt akan memiliki masa pakai untuk 50.000 – 80.000 km.

Jadi, jika mobil yang kamu gunakan sudah masuk ke angka tersebut maka segera ganti timing belt mobil dengan yang baru.

6. Rutin cek kondisi AC

AC yang tidak berfungsi dengan baik sering menjadi salah satu masalah pada mobil-mobil bekas. Jika kamu tidak ingin hal ini terjadi, maka AC juga menjadi komponen mobil yang harus mendapatkan perhatian.

7. Jaga kebersihan interior dan eksterior mobil

Meskipun kamu menggunakan mobil bekas, kamu bisa menyulapnya agar terlihat seperti baru dengan melakukan perawatan pada bagian interior dan eksterior mobil.

Saat merawat interior mobil, terdapat beberapa hal yang bisa kamu lakukan seperti membersihkan dashboard, melapisi kabin mobil dengan karpet baru, menggunakan pengharum mobil, merawat jok mobil, dan lain-lain.

nah itu dia 7 cara merawat mobil second yang mungkin bisa menjadi informasi tambahan buat anda dalam merawat mobil anda.

0 Komentar