Apakah HDMI Termasuk TV Digital? – Simak Penjelasannya Yuk!

Apakah HDMI Termasuk TV Digital? - Simak Penjelasannya Yuk!
Sumber: cukuptau
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Jika kalian mempunyai tv dan masih bingung, apakah HDMI termasuk tv digital? atau apakah TV HDMI Apakah Sudah Digital atau belum. Yuk simak artikel ini.

Apa itu HDMI pada TV?

HDMI sendiri adalah singkatan dari High Definition Multimedia Interface. Ini adalah jenis koneksi digital yang digunakan di televisi modern untuk mengirimkan sinyal video dan audio berkualitas tinggi dari perangkat seperti konsol game, pemutar Blu-ray, komputer, dan lainnya. ke TV.

Hampir semua TV digital yang tersedia saat ini memiliki koneksi HDMI. Namun perlu dicatat dan ditekankan bahwa tidak semua TV dengan soket HDMI adalah digital. Oleh karena itu, jelas bahwa TV dengan soket HDMI belum tentu dapat menerima siaran digital. 

Lalu bagaimana cara membedakan TV yang sudah digital atau belum?

Baca Juga:Contoh TV Digital dan Analog – Begini Cara Mebedakannya !Liburan Keluarga Kemah Yuk – Berikut Info Paket Camping Bandung

Ciri TV HDMI Apakah Sudah Digital apa Belum

1. Tersedia Pencarian Digital

Bagi yang sudah memiliki TV LED dan ingin mengetahui apakah TV LED tersebut menjadi tv digital, bisa mengeceknya melalui menu pengaturan. Silakan periksa pengaturan streaming Anda. TV LED yang sudah digital akan memiliki 2 menu pencarian yaitu pencarian siaran analog dan siaran digital.

Setiap jenis TV biasanya memiliki menu yang berbeda, ada yang mengatakan hanya Broadcast A dan Broadcast D dan seterusnya. Jika TV LED Anda memiliki dua menu pencarian, Anda dapat yakin bahwa TV tersebut adalah digital. Namun, jika hanya ada satu menu pencarian, tidak. 

2. Cek Spesifikasi di Situs Resmi

Ciri TV LED digital atau non digital juga bisa dilakukan dengan mengecek spek lengkapnya melalui website resminya. Ini sangat berguna bagi mereka yang berencana membeli TV LED baru. 

3. Cek Stiker DVB-T2

Cara lain juga bisa dilakukan dengan hanya melihat kartu TV digital DVB-T2. Anda dapat memeriksa kemasan atau label di bagian belakang TV. Peringatan atau label ini menunjukkan bahwa TV LED Anda dapat menerima siaran digital. 

Digital atau tidaknya itu semua tergantung dari spesifikasi TVnya karena meskipun sudah memiliki input HDMI, bukan berarti TVnya digital.

Jika TV Anda belum digital, tentunya Anda tidak ingin menambahkan dekoder atau menggantinya dengan TV yang sudah mendukung siaran digital. 

0 Komentar